Pengertian Dan Fungsi STATISTIK

Statistik - Pada pelajaran Matematika sering kita jumpai berbagai angka dalam tabel. Statistik merupakan bagian dari matematika, secara tepatnya statistik merupakan salah satu bagian matematika. Biasanya statisti membahas tentang tabel, kemungkinan-kemungkinan, peluang, dan lain sebagainya. Statistik merupakan prodi pada jurusan matematika yang artinya statistik adalah bagian dari matematika tetapi lebih menjurus pada peluang-peluang, rata-rata, perkraan angka, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mari anda perhatikan pemeparan berikut.

Pengertian Statistik

Statistik pada dasarnya merupaka alat bantu untuk memberi gambaran atas suatu kejadian melalui suatu bentuk yang lebih sederhana, baik itu berupa angka-angka maupun grafik-grafik dan tulisan atau huruf.

Perlu diperhatikan bahwa karena statistik merupakan alat bantu, maka untuk meningkatkan keberhasilannya dalam menggunakanya itu tergantung pada sipemakainya. Dalam artian analisis statistik tidak akan berfungsi dengan baik apa bila si pemakai atau pelaku yang menggunakannya tidak menggunakannya dengan baik.

Secara ringkas statistik dapat didefinisikan sebagai berikut:
statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka, dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

Contoh Statistik

  • Statistik penduduk merupakan sekumpulan daftar angka yang mengaitkan penduduk tersebut. Antara lain jumlah penduduk, rata-rata penduduk berusia di bawah 12 tahun, rata-rata penduduk yang berusia lanjut, dan lain sebagainya. Artinya Statistik penduduk hanya membahas seputar penduduk saja.
  • Statistik Penjualan barang merupakan sekumpulan daftar angka yang mengaitkan penjualan barang. Antara lain barang yang laku terjual setiap harinya, barang yang rusak setiap harinya, rata-rata pemasukan dalam sebulan, kerugian, dan lain sebagainya. Intinya Statistik penjualan barang membahas seputar pemasukan dan pengeluaran barang tersebut.
  • Statistik Game, dalam hal ini kami mengambil contoh Game Dota 2. Dalam permainan ini, setelah seseorang telah memainkan permainan Dota 2 maka akan menampilkan statistik permainan. Antara lain hasil skor permainan meliputi, total kill pemain, total dead pemain, rata-rata gold yang dihasilkan per menitnya, rata-rata exp yang di hasilkan per menitnya, dan lain-lain.

Kesimpulan:

Jika anda memperhatikan semua statistik dalam segala hal, anda akan mendapati bahwa statistik tersebut memudahkan anda dalam melakukan kegiatan selanjutnya. Misalkan kita dapat memperhitungkan kesalahan yang telah kita buat dan dari statistik tersebut kita akan dapat lebih mudah dalam menyusun rencana agar tidak melalukan kesalahan yang sama.


nah itulah beberapa penjabaran mengenai pengertian statistik, adapun fungsi statistik adalah sebagai berikut.

Statistik
Statistik

Fungsi Statistik
Setelah mengetahui pengertian statistik maka kita akan lanjut pada fungsi statistik, fungsi statistik ada dua yaitu deskriptif dan inferensial, sebagai berikut:
  1. Deskriptif merupakan langkah awal dalam pembahasan statistik. dalam hal ini pemakaian statistik deskriptif tidak dapat mengambil kesimpulan yang bersifat umum (generalisasi), karena statistik disini memang terbatas pada hal yang ada saja. hasil data statistik disini masih sederhana, bahkan kebanyakan data (sebagian besar) analisis atau perhitungannya bersifat penyederhanaan atas data yang terkumpul.
  2. Inferensial merupakan pengembangan fungsi statistik. disini pemakaian diberi informasi yang lebih banyak daripada informasi yang diberikan oleh statistik deskriptif. dengan demikian, maka pemakaian statistik inferensial akan bisa berbicara lebih banyak tentang data yang dianalisisnya. oleh karena sifatnya yang lebih baik daripada statistik deskriptif, tentunya langkah analisisnya pun lebih kompleks daripada analisis statistik deskriptif.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai pengertian stattistik dan fungsi statistik itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment