Jenis Data Dan Distribusi

Apa itu Z Skor?

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang jenis data dan distribusi. Bersama dengan ahli cara langsung saja kita bahas.

Z skor merupaka penyederhanaan skor yang diperoleh dari hasil bagi selisi skor dan rata-ratanya dengan simpangan baku.

Z skor terdiri dua bagian, yaitu:
  1. bagian tanda negatif atau positif.
  2. nilai numerik
Z skore dapat membantu penelitian dalam melakukan analisis statistik metrik karena analisis statistik parametrik dikembangkan dengan suatu dasar asumsi kehormatan.

Z skor dapat digunakan dasar melakukan perbandingan dua buah distribusi atau lebih karena transformasi ke Z merupakan tindakan standardisasi, yaitu membuat rata-rata distribusi menjadi 0 dengan simpangan baku 1.

Z skor juga bermanfaat untuk komparasi suatu distribusi yang diperoleh melalui pengembangan tes yang sudah baku.

STATISTIK
STATISTIK

Macam Distribusi

Macam distribusi dalam bentuk kurva yang sering digunakan dalam statistik adalah:

Distribusi yang didasarkan pada data kontinue.
Distribusi ini dikatakan normal jika bentuknya simetri dengan sumbu x, rata-rata = metode = median, mode hanya satu (unimodal), ujung grafik berasimtut dengan sumbu X.
bentuk distribusi normal ada 3, yaitu:

  1. Leptokurtic jika kurva normal meruncing tinggi
  2. Platykurtic jika kurva normal mendatar rendah
  3. Normal jika kurva normal tidak mempunyai bentuk yang ekstrem artinya bentuknya merupakan bentuk antara leptokurtic dan platykurtic.


Distribusi yang didasarkan pada data diskrit 

Dalam hal ini kita kenal ada dua distribusi, yaitu:

  1. Distribusi binomial adalah distribusi yang biasanya distribusi ini diterapkan pada suatu eksperimen yang selalu menghadapi dua kemungkinan berhasil atau gagal.
  2. Distribusi paisson merupakan distribusi yang berfungsi sama dengan distribusi binomial, hanya distribusi ini lebih tepat untuk sampel besar.


Melalui bantuan tabel distribusi normal kita dapat menghitung luas daerah di bawah kurva normal, baik antara nilai rata-rata dengan titik Z, maupun luas daerah di bawah kurva normal diatas titik Z.

Jenis-Jenis Distribusi Frekuensi

Distribusi frekuensi memiliki jenis-jenis yang berbeda untuk setiap kriterianya. Berdasarkan kriteria tersebut, distribusi frekuensi dapat dibedakan tiga jenis :

1. Distribusi frekuensi biasa 
Distribusi frekuensi yang berisikan jumlah frekuensi dari setiap kelompok data. Distribusi frekuensi ada dua jenis yaitu distribusi frekuensi numerik dan distribusi frekuensi peristiwa atau kategori.

2. Distribusi frekuensi relatif 
Distribusi frekuensi yang berisikan nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dan jumlah pengamatan. Distribusi frekuensi relatif menyatakan proporsi data yang berada pada suatu kelas interval, distribusi frekuensi relatif pada suatu kelas didapatkan dengan cara membagi frekuensi dengan total data yang ada dari pengamatan atau observasi.

3. Distribusi frekuensi kumulatif 
Distribusi frekuensi yang berisikan frekuensi kumulatif (frekuensi yang dijumlahkan). Distribusi frekuensi kumulatif memiliki kurva yang disebut ogif. Ada dua macam distribusi frekuensi kumulatif yaitu distribusi frekuensi kumulatih kurang dari dan distribusi frekuensi lebih dari.
Demikianlah beberapa penjabaran mengenai jenis data dan distribusi, semoga bermanfaat.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment