Pengertian Probabilitas (Teori Kemungkinan) dan macam probabilitas

Apa itu probabilitas atau teori kemungkinan?

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang teori kemungkinan (probabilitas). Bersama ahli cara langsung saja kita bahas.          
Pengambilan sampel yang didasarkan pada teori kemungkinan (probabilitas) merupakan suatu tindakan pengambilan sampel yang dapat dipertanggungjawabkan. Maksudnya adalah, ketika dalam pengambilan sampel harus memperhatikan probabilitas atau kemungkinan agar tidak banyak mengandung eror.

Dasar Teori kemungkinan
Pada dasarnya teori kemungkinan, peluang sampel, dan kebolehjadian atau kemungkinan yang dapat terjadi merupakan teori yang membicarakan suatu kejadian atau sebuah peristiwa yang hasilnya tidak diketahui dan tidak dipastikan, berupa suatu pernyataan sementara. Biasanya dalam mebicarakan kemungkinan dikaitkan dengan sampel.
Adapun macam dasar-dasar teori kemungkinan adalah sebagai berikut

  1. Besarnya kemungkinan atas terjadinya sesuatu yang diinginkan ialah sama dengan perbandingan antara sesuatu yang diinginkan itu terhadap keseluruhannya.
  2. Besarnya kemungkinan terjadinya dua peristiwa atau lebih yang masing-masing berdiri sendiri adalah sama dengan hasil perkalian dari besarnya kemungkinan untuk masing-masing peristiwa itu
  3. Kemungkinan terjadinya dua peristiwa atau lebih yang saling mempengaruhi ialah sama dengan jumlah dari besarnya kemungkinan untuk tiap peristiwa itu

Pengambilan sampel dengan pengembalian mengandung probabilitas berbeda dengan pengambilan sampel tanpa pengembalian.

Teori probabilitas yang digunakan dasar pengembangan alat uji statistik adalah sampel yang mempunyai probabilitas yang sama atau kemungkinan yang sama untuk setiap individu dalam populasi untuk dapat terambil sampel. Kondisi ini berkaitan dengan pengambilan sampel dengan pengembalian. jika pengambilan sampel dilakukan tanpa pengembalian, maka harus dilakukan revisi agar data tersebut dapat dianalisis dengan rumus-rumus statistik yang ada.

Hukum Probabilitas
Dua hukum probabilitas adalah penambahan dan perkalian. Untuk penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut

  • Penambahan akan digunakan apabila dua kejadian atau lebih akan muncul secara bersama dalam satu pengambilan. Maksudnya pengambilan sampel yang dilakukan dan sampel yang didapatkan ada dua atau lebih dari satu dalam satu pengambilan.
  • Perkalian akan digunakan apabila dua kejadian atau lebih akan muncul secara berurutan atau simultan. Maksudnya pengambilan sampel yang dilakukan dan kemudian sampel yang didapatkan secara berurutan adalah sama dengan sampel yang sebelumnya.


Probabilitas juga bisa diterapkan dalam data kontinue. walaupun demikian masih dikaitkan dengan frekuensi pada setiap skor.

Teori probabilitas mempunyai hubungan erat dengan berbagi macam distribusi, seperti: distribusi normal, distribusi binomial, distribusi poisson, distribusi t, distribusi F, distribusi chi square. Hubungan tersebut tercermin dalam pencarian luas daerah di dalam batas-batas tertentu.

Luas daerah dalam kurva yang dibatasi oleh titik-titik tertentu dapat dicari dengan bantuan tabel yang telah dikembangkan. jika angka pasti tidak ditemukan dalam tabel, maka perlu dilakukan trasformasi.

Walaupun syarat-syarat random (acak) dipenuhi dalam proses pengambilan sampel, tetapi sampel yang terambil tidak dapat dikatakan benar-benar mewakili populasi. hal ini disebabkan oleh adanya perbedaaan individual.

Perbedaan antara sampel dengan populasi disebut sampling error. sampling distribution adalah distribusi statistik yang diperoleh melalui pemilihan kemungkinan sampel dengan ukuran tertentu yang berasal dari suatu populasi.

Central limit theoritem mengatakan bahwa jika n sampel merupakan bilangan besar, maka pancaran sampel secara teoritis dapat menghampiri sebuah distribusi normal. Apabila n sampel besar, maka kenormalan distribusi sampel dapat diabaikan (diasumsikan normal).

Rata-rata sampel merupakan estimasi rata-rata populasi yang baik apabilas seluruh skor dalam populasi mendekati rata-ratanya, atau dengan kata lain 0 nya kecil. Standar error merupakan simpangan baku rata-rata sampel terhadap rata-rata populasi.

Probabilitas
Gambar untuk Probabilitas

Demikianlah beberapa pemaparan mengenai Probabilitas (teori kemungkinan), Semoga bermanfaat.

Sumber: Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment