Pengertian Regresi Ganda serta Syarat-syaratnya

Regresi Ganda - Pada kesempatan ini kami membahas tentang pengertian regresi ganda dan syarat-syarat regresi ganda itu sendiri. Di artikel ini kami tidak membahas secara terperinci mengenai perhitungan matematikanya. Kami hanya berfokus masalah pengertian dan pembagiannya. Semoga dapat di pahami dengan mudah.

Pengertian regresi ganda

Regresi ganda merupakan analisis yang lebih realistis untuk penelitian-penelitian behavior, pendidikan, sosial serta bidang-bidang lain yang tidak memungkinkan adanya hubungan tunggal. Analisis regresi ganda mempunyai langkah yang sama dengan analisis regresi sederhana. Hanya disini analisisnya agak kompleks,karena melibatkan banyak variabel bebas.

Baca Juga : Pengerian Regresi

Model regresi ganda yang sering digunakan adalah metode linier.
Regresi ganda akan memberikan arti yang baik jika masing-masing variabel bebas benar-benar independen.

Analisis regresi ganda tidak dapat memberikan gambarang hubungan dan sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat melalui variabel antara. Pengujian keberartian persamaan regresi ganda perlu dilakukan dan koefisien regresi yang utama untuk diuji adalah koefisien regresi b dengan F tes.

Untuk mengetahui tepat tidaknya ramalan yang dilakukan berdasarkan variansi taksiran dapat dilakukan memakait tes.

Untuk mengetahui besarnya kontribusi bersama dibutuhkan perhitungan koefisien korelasi, dan pengujian signifikansinya dengan F tes.

Koefisien regresi serta koefisien korelasi dipengaruhi oleh urutan memasukkan variabel bebas dalam perhitungan.

Untuk mengetahui besarnya kontribusi masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dengan mempertimbangkan hubungan variabel bebas lainnya, baik terhadap variabel terikat maupun antara variabel bebas yang dicari kontribusinya diperlukan analisis regresi parsial.

Korelasi parsial akan menghilangkan unsur kebersamaan variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikat.

Sebelum menggunakan analisis regresi, peneliti perlu melihat terpenuhi tidaknya syarat-syarat yang diperlukan dalam analisis regresi.
Regresi Ganda
Regresi Ganda


Syarat Regresi Ganda
Beberapa syarat-syarat yang terdapat pada regresi ganda diantaranya sebagai berikut:

  • Tidak mengalami multikolinearitas, Multikolinearitas merupakan kondisi dimana terdapatnya sebuah hubungan antara linier atau korelasi yang tinggi dengan masing-masing variabel independen.
  • Tidak mengalami autokorelasi, artinya residual pada satu pengamatan dengan pengamatan lain pada model regresi terjadi korelasi diantaranya.
  • Tidak mengalami heteroskedastisitas, dalam artian heteroskedastisitas merupakan adanya ketidaksamaan atau ketidak cocokan varian dari residual untuk semua pengamatan yang terdapat pada model regresi
  • Pada variabel bebas dengan variabel terikat mempunyai hubungan atau saling keterkaitan secara teoritis, dan dengan suatu perhitungan korelasi sederhana dapat diketahui atau diuji signifikansi hubungan tertentu. Apabila antara variabel bebas dengan variabel terikat tidak memiliki hubungan sederhana yang signifikan maka secara otomatis korelasi gandapun tidak akan signifikan.
  • Persamaan regresi harus linier. Sebuah pengujian linieritas pada regresi ganda amat sulit dilakukan maka linieritas pada regresi ganda hanya di asumsikan. Oleh sebab itu, ketelitian dalam melakukan deskripsi atas hasil analisisnya sangat diperlukan karena semua perhitungan dasar terasumsikan, dan tidak dilakukan pengujian tentang linieritas tersebut.
Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Pengertian regresi ganda dan syarat regresi ganda. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment