Jenis-jenis Basis Data dan Fungsi DBMS

Bagaimana Jenis Basis Data itu?

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis basis data. bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama-sama.
Jenis basis data terbagi atas beberapa bagian, diantaranya basis data individual, basis data perusahaan, basis data terdistribusi, dan basis data public. jenis di atas mempunyai perbedaaan yang berbeda-beda namun mempunyai hakekat yang sama yaitu memudahkan dalam mengoprasikan, mengambil, mengedit, menyimpan suatu file tertentu.
  1. Basis data individual merupakan jenis data yang penggunanaannya secara personal, yang artinya di dalam perputara file hanya berada pada dirinya sendiri. Sehingga tidak ada yang mengetahui infomasi atau file yang tercantum pada suatu penyimpanan. Biasanya basis data individual digunakan sebagai penyimpanan rahasia, yang disengaja dan tak ingin diketahui keberadaannya.
  2. Basis data perusahaan adalah basis data ini pengaksesannya dibatasi dalam ruang lingkup tertentu, seperti halnya pada perusahaan yang mnyediakan server agar dapat diakses oleh beberapa karyawan yang di akses melalui computer mereka masing-masing. Jenis data perusahaan bertujuan agar pengolahan data yang dilakukan akan semakin cepat, tanpa harus mengirim dari 1 komputer kekomputer yang lain secara manual. Seiring berjalannya waktu jenis sistem ini sangat membantu dan sering di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.
  3. Basis data terdistribusi adalah basis data yang ada pada computer disebar ke beberapa lokasi tertentu. Dengan maksud agar dapat diakses dari tempat yang jauh dan masih saling berkaitan. Misalnya pada bank, pemprosesan pengiriman uang dari bank yang 1 dengan bank yang lain. Basis data terdistribusi masih tetap menjaga kemananannya meskipun perpindahan informasi yang cukup jauh dan cepat.
  4. Basis data publik adalah basis data yang terbuka, dapat dilihat dan di akses oleh siapa saja. Basis data publik ini bertujuan agar semua orang dapat mengakses suatu informasi secara cepat, mudah, serta gratis, biasanya terdapat pada internet yaitu situs-situs blog yang ada pada google, atau pencarian informasi yang ada pada google. Ada juga situs yang mewajibkan agar menjadi anggota dalam situsnya dan membayar agar dapat mengambil data yang diinginkan. Dalam hal ini penggunaan DBMS sangat berperan aktif dalam pengaksesannya. DBMS (database management sistem) sendiri merupakan beberapa perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatu serta menangani semua pengaksesan  yang ada pada database. Sehingga dapat dengan mudah,nyaman dalam memperoleh suatu informasi dalam database.

Fungsi DBMS

Fungsi - fungsi DBMS, yaitu Data Definition, Data Manipulation, Data Security dan Integrity, Data Recovery dan Concurrency, Data Dictionary, Performance.
  • Data Definition, sebagai pendiskrip suatu informasi yang ada. Atau bisa dikatakan sebagai penanda file yang masuk ataupun keluar dalam database.
  • Data Manipulation, sebagai pengecoh dalam pengaksesan data. tujuannya adalah agar informasi yang diakses tidak saling bertabrakan ketika dipanggil (dicari) yang ada pada database.
  • Data Security dan Integrity, sebagai pengamanan data. menjaga kerahasiaan suatu data yang ada pada database. Ada beberapa data yang di lindungi dan agar tidak diketahui oleh orang-orang tertentu misalnya password dan sebagainya.
  • Data Recovery dan Concurrency, ketepatan dalam mengakses merupakan salah satu yang paling di butuhkan dalam pengaksesan data. bayangkan bila dalam pengaksesan suatu data lamban dan data yang dicari sulit untuk ditemukan. 
  • Data Dictionary, penyimpanan yang dibuthkan juga sangat besar. Salah satu tujuan DBMS adalah sebagai peyimpanan file atau bank file yang mengirimkan data ke orang yang mencari informasi tersebut. Dengan adanya penyimpanan yang besar maka beragam pula informasi yang ada didalamnya
  • Performance, pemberharuan suatu informasi sangat berperan penting dalam pengolahan informasi kedepannya. Seperti halnya dengan data penduduk yang ada pada suatu Negara.
Jenis Basis Data
Jenis Basis Data

Demikianlah beberapa ulasan mengenai jenis-jenis basis data. pada umumnya jenis basis data sendiri bertujuan agar mempermudah penggunaan dalam pencarian, pengolahan suatu data. dan itu tidak akan bisa terlaksana bila tanpa adanya database sebagai gudang informasi, sumber informasi. Pengoprasian data berjalan secara terusmenerus tanpa henti. Dan ini yang ada pada database. Jenis data juga berperan dalam pengolahan ini.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment