Pengertian data dan macam-macan (jenis-jenis) data

Pengertian data

Hai kawan-kawan. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian data dan jenis data. bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama.
data merupakan salah satu informasi yang di dapatkan dengan melalu suatu pengamatan dalam suatu masalah. Data sendiri sering di simpan untuk keperluan suatu penelitian lanjut. Sebaiknya informasi yang diperoleh akurat dan dapat dipercaya asal muasal informasi terssebut. Informasi ini tidak bersifat mengikat dan mencakup cukup banyak bagian informasi lain. Sedangkan jenis data merupakan pembagian dari informasi yang telah dikelompokkan, yang artinya pemisaha file yang telah diperoleh, baik itu yang didapat melalui penelitian ataupun file yang di dapat secara tidak sengaja. Misalkan mendapatkannya secara tiba-tiba. Jenis data pada umumnya saling berkaitan satu sama lain, hal ini dikarenakan adanya proses tindak lanjut pada file tersebut yang akan digunakan kedepannya.

Jenis-jenis data

Jenis data sendiri terbagi-bagi menjadi beberapa bagian diantaranya:
Jenis data menurut sifatnya
  • Data Kualitatif adalah file atau informasi berupa teks dan biasanya tidak membentuk angka, contohnya informasi keadaan perkembangan perusahaan atau file mengenai riwayat kesehatan seseorang.
  • Data Kuantitatif adalah file atau informasi yang susunanya terdiri dari banyak angka. Informasi yang didapatkan mencakup perhitungan suatu harga barang atau daftar harga-harga pendapatan suatu perusahaan ataupun saham.
Jenis-jenis data menurut sumbernya
  • Data Internal adalah file atau informasi yang mencakup dirinya sendiri, disini dimaksudkan penggambaran keadaan pada dirinya. Beberapa contohnya yaitu jumlah anggota dalam suatu lembaga, keadaan anggota dalam suatu lembaga, ataupun informasi yang ada dalam lembaga tersebut
  • Data Eksternal adalah informasi yang berada dari luat suatu lembaga yang dapat mempengaruhi lembaga tersebut. Sebagai contoh pemebelian suatu barang bergantung dari minat pembelinya, pengaruh orang yang berada dari luar suatu lembaga. 
Jenis-jenis data menurut cara memperolehnya
  • Data Primer (primary data) adalah file informasi yang didapat secara perorangan yang menyangkut kebutuhan personal ini. Pencarian informasi ini dilakukan dengan sendiri-sendiri pada suatu lembaga. Bisa berupa lembaran pertanyaan-pertanyaan (angka atau text) yang memfokus pada suatu permasalahan tertentu.
  • Data Sekunder (secondary data): data sekunder adalah file yang dikumpulkan secara bersama-sama kemudian disatukan untuk diolah lebih lanjut. Biasanya didapatkan dari penyimpanan file sebelumnya yang bertujuan untuk diolah kembali, yang jelas file tersebut terbukti kebenaranya dan dapat dipercaya asal muasalnya.
Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya
  • Data cross section, yaitu file yang didapatkan dan digunakan pada waktu itu juga (at a point of time) yang bertujuan agar dapat memperlihatkan bagaimana keadaan pada waktu itu. Conohnya pengamatan yang dilakukan menggunakan kuesioner yang menggambarkan keadaan masyarakat dalam pembelian suatu barang tertentu.
  • Data berkala (time series data), yaitu file informasi yang di dapatkan dan ditampung secara berkala, dan bertujuan menggambarkan keadaan dari masa kemasa. Misalnya keadaan nilai mata uang disuatu Negara, pencapainya suatu perusahaan, ataupun keadaan nilai siswa yang didapatkan dari setiap semesterrnya.
Data
Data

Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian data dan jenis data. jenis data sendiri bertujuan untuk mempermudah baik itu dalam penyimpanan, pengambilan kembali, atau pun pengolahan suatu file. Trimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment