Statistik dan Penelitian (pengertian dan fungsi)

Pengertian statistik

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang Statistik dan bagaiman penelitian dalam statistik. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas.
Statistik merupakan status yang artinya negara atau untuk menyatakan hal-hal yang berkaitan dengan penyusunan negara. Arti dari statistik ini kemudian mulai berkembang seiring dengan berjalannya zaman, seperti berikut:
  1. Statistik adalah banyaknya angka untuk menerangkan sesuatu, baik angka yang masih acak ataupun angka yang berada dalam tabel dan tersusun.
  2. Statistik merupakan banyaknya cara dan aturan atau tatacara tentang pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penafsiran data yang terdiri dari kumpulan angka-angka.
  3. Statistik adalah banyaknya angka yang menjelaskan sifat-sifat data dan atau hasil penelitian.
Pengertian statistik yang lebih tepat dan melingkupi pengertian-pengertian di atas adalah
"Statistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data (baik angka dalam bentuk tabel atupun tidak), yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, dan penarikan kesimpulan dari data yang merupakan sekumpulan angka".

Dari pengertian statistik di atas, ada tiga hal yang terkandung di dalam statistik:
  • data
  • perlakuan dari data, yaitu: pengumpulan data, analisis data, penafsiran data, dan penarikan kesimpulan dari data
  • angka-angka.
Fungsi statistik
fungsi statistik antara lain yaitu
  1. Gudang data, statistik sebagai gudang data adalah memperoleh dan menyimpan data untuk diolah agar dapat digunakan untuk menerangkan keadaan yang perlu diketahui.
  2. Sebagai alat quality control, statistik digunakan sebagai alat quality control adalah sebai alat pembantu standard dan sekaligus sebagai alat pengawasan.
  3. Sebagai alat analisis data, statistik digunakan sebagai alat analisis data dan merupakan salah satu bentuk metode penganalisasian data.
  4. Pemecahan masalah dan pembuat keputusan, adalah sebagai landasan penetapan kebijakan dan merupakan langkah lebih lanjut untuk mempertahankan perusahaan dalam memperoleh keuntungan.
Statistik dan Penelitian
Gambar tentang Statistik dan Penelitian

Pengertian penelitian
Kata penelitian artinya sebagai pemeriksaan yang teliti atau penyelidikan, kata disini penyelidikan diartikan sebagai pemeriksaan atau pengusutan, dan kata menyelidik berarti memeriksa dengan teliti, mengusut dengan cermat, atau mempelajari dengan bersungguh-sungguh. Sehingga dengan pengertian tersebut maka kata penelitian dan penyelidikan dianggap berisinonim.

Kata penyelidikan tersebut digunakan sebagai acuan kata researh dalam bahasa inggris. Kata research, berasal dari kata re yang berarti kembali dan to search yang berarti mencari. Dengan demikian, secara harfiah, arti dari reseach adalah mencari kembali dan terjemahan dari kata research adalah riset.

Penelitian adalah penyaluran rasa ingin tahu manusia terhadap masalah dengan perlakuan tertentu (seperti memeriksa, mengusut, menelaah, dan mempelajari secara cermat dan bersungguh-sungguh) sehingga diperoleh sesuatu (seperti mencapai kebenaran, memperoleh jawaban atas masalah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan sebagainya).

Dari arti penelitian di atas, terlihat bahwa penelitian memiliki beberapa komponen, yaitu
1. ada rasa ingin tahu dari manusia,
2. ada masalah,
3. ada usaha untuk menyelesaikan sesuatu/masalah, dan
4. ada hasil, seperti mencapai kebenaran.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Statistik dan penelitian. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment