Kelebihan dan Kekurangan Sikat gigi Eliktrik

Sikat gigi Elektrik

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang sikat gigi elektrik. Bersama dengan ahli cara, langsung saja kita bahas bersama.
Sikat gigi elektrik merupakan alat yang terbuat dari mesin berupa motor yang bertujuan untuk menggerakkan bagian sikat atau kepala sikat agar dapat bergoyang dengan cepat. Sikat gigi ini dibuat dengan tujuan agar mempermudah dalam penyikatan. Tetapi ada beberapa kendala mengenai sikat gigi ini. Beberapa orang menganggap penggunaan sikat gigi ini sangat berbahaya dikarenakan adanya aliran listrik di dalamnya.

 Selain itu, Banyak yang berpendapat bahwa sikat gigi elektrik adalah salah satu sikat gigi yang memudahkan dalam penyikatan sikat gigi. Pada sikat gigi elektrik, mempunyai motor dengan ujung berputar cepat maju-mundur. Ada yang berpendapat bahwa sikat gigi elektrik itu tidak baik, tetapi ada juga yang mengatakan sebaliknya. Ada beberapa keuntungan dan kerugian dari sikat gigi elektrik ini, sebagai berikut:

KELEBIHAN SIKAT GIGI ELEKTRIK
  • Ujungnya sangat kecil, anak-anak menggunakannya. Apabila anak-anak kalianmenyukai dan akan sering menyikat gigi mereka, maka akan lebih baik untuk menggunaka sikat gigi elektrik ini.
  • Dapat digunakan untuk orang-orang yang sulit mengendalikan gerakan pergelangan tangan, seperti usia lanjut, penderita cacat tubuh. Pada keadaan ini sikat gigi elektrik tersebut sangat efektif dalam membersihkan plak ketimbang menggunakan sikat gigi pada umumnya.
KEKURANGAN SIKAT GIGI ELEKTRIK
  • Harganya cukup relative mahal, penggunaannya memerlukan biaya cukup besar. Untuk pembelian beterai dan tangkai pegangan sika yang besar membuatnya sedikit sulit untuk digunakan. Maka dari itu dihindari pembelian yang sangat berlebihan dikarenakan biayanya.
  • Kerugian yang lain adalah orang-orang sering menggunakan sikat gigi elektrik ini untuk mencari plak. Padahal sikat gigi ini sulit untuk masuk dan menekan kedalam sela-sela sempit yang ingin di bersihkan dikarenakan tangkainya yang amat besar dan lebar.
  • Bahaya menggunakannya, ada beberapa sikat gigi elektrik tidak menggunakan beterai tetapi mempunyai kabel colokan yang tersambung dengan listrik langsung. Ini sangat berbahaya bagi anak-anak apabila tidak di awasi secara langsung oleh orang tuanya.


Itulah beberapa keuntungan serta kerugian sikat gigi elektrik. Jika menurut kalian, sikat gigi elektrik bisa membuat anak kalian lebih tertarik dan rajin membersihkan gigi mereka, tidak ada salahnya membeli sikat gigi tersebut. Seperti juga halnya jika ada anggota keluarga kalian yang mengalami kesulitan dalam menggerakkan anggota tangannya atau pun sulit dalam hal lain. Namun sesungguhnya sikat gigi elektrik ini tidak lebih baik daripada sikat gigi biasa.

Sebenarnya dalam penyikatan gigi diperlukan ketelitian, meski sikat yang kalian gunakan sangatlah bagus tetapi cara penggunaan dan cara penyikatannya masih kurang bagus hasilnya akan sama saja. Perhatikan bagaimana cara penyikatan yang baik dan benar, rawatlah gigi, usahakan tidak memakan makanan yang dapat merusak gigi, terutama memicu tumbuhnya plak.

Gigi yang sering dibersihkan akan lebih baik ketimbang gigi yang jarang dibersihkan, maka dari itu sikatlah gigi kalian dua kali dalam sehari secara rutin, malam sebelum tidur dan pagi sebelum memakan atau mengunyah makanan. Gigi merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Jika ingin gigi kalian baik dalam mengunyah maka rawatlah sedini mungkin. jangan tunggu hingga terjadi kerusakan.
Sikat gigi Eliktrik
Sikat gigi Eliktrik

Demikianlah beberapa pemaparan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Sikat gigi Eliktrik. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.