Pengertian Data dan Pengertian Informasi

Data dan Informasi

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang Data dan informasi. Apa perbedaan data dan informasi? Bersama ahli cara langsung saja kita bahas.
Pada dasarnya data digunakan untuk sebuah keperluan misalnya digunakan untuk keperluan pelitian, sebagai informasi dalam menyikapi suatu masalah, ataupun dapat digunakan sebagai referensi pengembangan usaha di perusahaan. sedangkan informasi sendiri merupakan hasil dari data itu sendiri dan kemudian didokumentasikan kembali menjadi data.

Pengertian data
Data merupakan sekumpulan informasi yang mencakup pengetahuan-pengetahuan tentang suatu objek tertentu. Biasanya data berbentuk angka, huruf atau pun dalam bentuk tabel. Data dapat memberi gambaran tentang objek daPada dasarnya data diperoleh dari suatu penelitian baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

  • Data diperoleh secara langsung, maksudnya adalah dilakukan secara disengaja dan dibuat-buat, misalnya dalam suatu penelitian tertentu dan dilakukan pengamatan.
  • Data diperoleh secara tidak langsung, data ini diperoleh secara tidak sengaja, misalnya biasanya data ini diperoleh melalui pengamatan pada suatu objek dan kemudian dimulai suatu penelitian agar dapat mendapatkan data lebih lanjut dari data yang di dapatkan secara dadakan itu.
Data merupakan suatu yang sakral bagi para peneliti, data sangat dibutuhkan sebelum dan sesudah melakukan pengamatan ataupun penelitian.

Pengertian Data dalam dunia Komputer
Data adalah segala sesuatu atau semua file yang dapat disimpan dalam memory baik itu berupa code, angka, huruf, maupun dalam bentuk tabel. Data biasanya tersimpan pada memory internal maupun eksternal. Ada beberapa penyimpanan data misalnya FD (flashdisk), DC (disk card), dan lain sebagainya. Data tersebut berupa file.

Pengertian data dalam bahasa sehari-hari
Data adalah sebuah informasi dalam bentuk tersurat, biasanya ditulis dalam bentuk tulisan atau catatan tentang suatu informasi dari objek tertentu. Data ini biasanya berupa pesan yang diperuntukan kepada orang tertentu ataupun hanya sebuah informasi untuk melanjutkan pengematan yang dilakukan sebelumnya.

Pengertian Informasi
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang mempunyai arti bagi penerimanya. Informasi sendiri biasanya dalam bentuk model tertentu yang dapat menambah pengetahuan. Informasi juga biasa disebut sebagai hasil dari sebuh pengolahan dan pemprosesan data, baik dalam bentuk nyata ataupun tidak nyata.

  • Bentuk nyata adalah informasi yang dihasilkan dari data yang berbentuk tulisan yang kemudian diterapkan. Misalanya gambar ataupun dalam bentuk tabel, angka atau huruf
  • Bentuk tidak nyata adalah informasi yang dihasilkan dari data yang berbentuk lisan dan kemudian diterapkan. Misalnya suara perintah ataupun informasi yang tidak dalam bentuk tulisan ataupun yang lainnya.
Perbedaan data dan Informasi
Data merupakan informasi yang didapatkan dari suatu proses pengamatan dan penelitian sedangkan informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang kemudian diterapkan kembali atau mungkin didokumentasikan kembali menjadi data.

Sebenarnya data berkaitan dengan informasi, Tanpa adanya sebuah data, takkan tercipta sebuah informasi begitupun sebaliknya. Keterkaitan ini menjadi kesaruan yang mungkin tidak dapat terelakkan bagi para pengamat ataupun peneliti objek-objek.

Data dan Informasi
Data dan Informasi

Itulah Beberapa pemaparan mengenai pengertian data dan pengertian informasi. Sebenarnya jika kita perhatikan lebih lanjut, data merupakan informasi dan informasi sendiri merupakan data. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Metode Riset penelitian dalam pemasaran.