Pengertian dan Prosedur Penelitian serta unsurnya

Penelitian - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar pengertian penelitian, unsur-unsur penelitian, ciri khas suatu percobaan yang di rancang dengan baik, prosedur penelitian. Semoga dapat di pahami dengan mudah.

Pengertian Penelitian

Penelitian secara luas dapat diartikan sebagai suatu upaya pengamatan secara sistematis terhadap suatu objek penelitian untuk memperoleh fakta-fakta atau falsafah-falsafah baru.Prosedur bagi suatu penelitian dikenal sebagai metode ilmiah.

Unsur-unsur penelitian antara lain:
  1. Fakta observasi, suatu ilmu dikatakan berawal dari observasi (pengamatan) yang kemudian dimantapkan sebagai suatu ilmu setelah cukup fakta-fakta yang dihasilkan lewat observasi tersebut untuk mendukungkanya.
  2. Hipotesis merupakan suatu pernyataan sementara (tentative idea) yang menjadi dasar tentang bagaimana fakta-fakta itu akan diinterpretasikan dan dijelaskan.
  3. Percobaan (experiment) adalah suatu tindakan coba-coba (trial) yang dirancang untuk menguji keabsahan (validity) dari hipotesis yang diajukan.
Ciri khas suatu percobaan yang dirancang dengan baik adalah:
1. Kesederhanaan (simplicity)
2. Derajat ketepatan
3. Ketiadaan galat sistematis
4. Kisaran keabsahan dari kesimpulan
5. Kalkulasi derajat ketidakpastian

Prosedur Penelitian (experimentation) 
Adapun beberapa prosedur dalam penelitian adalah sebagai berikut:
  1. Perumusan masalah (definition of the problem), jika permasalahan tidak dibatasi dalam ruang lingkup yang jelas, maka boleh jadi penelitian akan melenceng dari tujuan yang sebenarnya. Adanya perumusan masalah ini, mempermudah peneliti untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan, yang jika diperoleh jawabannya lewat percobaan akan langsung memecahkan permasalahan yang diselidiki.
  2. Pernyataan tujuan yaitu pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab lewat percobaan, hipotesis-hipotesis yang akan diuju, pengaruh-pengaruh perlakuan yang akan dijadikan suatu estimasi (kesimpulan).
  3. Analisis tahap kritis bagi permasalahan dan tujuan, hasil-hasil percobaan tambahan/tak terduga dan atau yang melenceng harus dipertimbangkan secara hati-hati menurut status teori-teori yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diselidiki (pastikan derajat kepentingan hasil-hasil penelitian dalam pemecahan suatu masalah).
  4. Pemilihan perlakuan-perlakuan (treatments) adalah semua tindakan coba-coba yang dilakukan terhadap suatu objek, yang pengaruhnya akan diselidiki untuk menguji hipotesis.
  5. Pemilihan material percobaan, pertimbangan-pertimbangan didasari oleh objektivitas percobaan dan populasi yang diamati. Materi terpilih haruslah mewakili populasi yang akan digunakan sebagai ajang pengujian perlakuan-perlakuan percobaan.
  6. Pemilihan rancangan percobaan, terdiri atas rancangan bergalat tunggal, rancangan bergalat ganda, rancangan bergalat tripel, rancangan petak teralur, rancangan sederhana.
  7. Pemilihan unit pengamatan dan jumlah ulangan, pemilihan ini adalah untuk menentukan ukuran dan petak-petak percobaan.
  8. Pengendalian pengaruh interaksi unit-unit percobaan yang berdekatan.
  9. Penentuan data yang akan dikumpulkan.
  10. Pengaduan prosedur analisis statistik dan penyederhanaan hasil-hasil penelitian.
  11. Pelaksanaan percobaan.
  12. Analisis data dan interpretasi (pembahasan hasil-hasil percobaan).
  13. Penyusunan laporan penelitian yang lengkap, mudah dipahami dan benar.
PENELITIAN
PENELITIAN

Itulah beberapa pemaparan mengenai Pengertian penelitian dan Prosedur penelitian. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment