5 Bahaya Memakan Es Batu Setiap Hari

Apa itu ES BATU?

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang  5 bahaya memakan es batu setiap hari. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama.
Es batu adalah air yang dibekukan, baik itu air minum atau pun air mentah (keran). Tapi pada kali ini kita membahas tentang air minum yang dibekukan, yang digunakan sebagai penyejuk pada minuman atau memberi sensasi dingin pada minuman. Ada beberapa efek yang dihasilkan jika kita mengkonsumsi es batu secara berlebihan atau setiap hari diantaranya metabolism terganggu, merusak gigi, dapat memuat kita pusing, dapat membuat perut menjadi buncit, serta pada es batu terdapat bakteri yang berbahaya.

  1. Metabolisme terganggu, pada tubuh kita terdapat aliran darah yang berproses di seluruh bagian tubuh, ketika kita mengkonsumsi es batu secara berlebihan proses aliran darah tadi dapat tergangu dan dapat membekukan aliran darah tadi. Selain itu, pembekuan bukan hanya terjadi pada aliran darah tetapi terjadi juga pada lemak sehingga metabolisme tubuh kita terganggu.
  2. Dapat membuat perut menjadi buncit, seperti yang dijelaskan tadi bahwa pembekuan yang terjadi pada proses aliran darah dan lemak, yang disebabkan oleh konsumsi es batu secara berlebihan. Sehingga pembakaran lemak akan semakin lama terproses, sehingga prut akan lebih mudah membuncit. Perlu diperhatikan, setelam makan makanan yang berat seperti nasi, usahakan agar tidak meminum minuman yang dingin, ini dikarenakan bahwa minuman yang dingin tadi dapat mempersempit usus atau mengecilkan usus sehingga pencernaan dapat terganggu dan semakin lama.
  3. Dapat membuat kita pusing , hal tersebut akan terjadi pada saat sehabis berolahraga atau pun suhu badan dalam keadaan panas, langsung menkonsumsi minuman dingin (es batu).  Pada saat mengkonsumsi minuman tadi, tubuh akan mengalami perubahan derasti, yang tadinya panas dengan suhu es yang tidak sama. Akibatnya terjadi pengejangan pada otot dan jantung, sehingga proses pemompaan darah keseluruh tubuh menjadi terganggu dan menyebabkan kita merasa pusing.
  4. Merusak Gigi, mungkin banyak diantara kita sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi minuman dingin ( mengunyah es batu) dapat merusak gigi. Ini dikarenakan email yang ada pada gigi berusaha memecahkan es batu yang keras, sehingga dapat menyebabkan kerusakan email gigi dan dapat menyebabkan sakit .
  5. Mengandung bakteri berbahaya, biasanya es batu yang mempunyai bakteri adalah es batu yang dibuat dengan air keran atau mentah. Ini terjadi pada penjual minuman atau warung-warung dipinggir jalan, biasanya mereka membuat es batu dari air mentah atau keran. 
Itulah beberapa pemaparan mengenai bahaya mengkonsumsi es batu secara berlebihan. Bakteri dapat mati pada suhu yang tinggi yaitu 100 derajat, tetapi tidak pada suhu yang rendah, ada beberapa bakteri yang masih ada ( tidak sepenuhnya hilang dalam keadaan suhu yang rendah yaitu 0 deraja. Penyebab penyakit disebabkan dari cara kita makan atau pun minum, maka dari itu hindarilah makanan yang kurang terjamin kebersihannya sebelum pada akhirnya kita terkena penyakit seperti diare.

ES BATU
ES BATU
Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment