Perbedaan Gigi Berlubang (sakit gigi) dengan Tumbuhnya Gigi Geraham Belakang

Gigi Berlubang (sakit gigi) atau Tumbuhnya Gigi Geraham Belakang?

Hai kawan-kawan. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membedakan gigi yang sedang berlubang dengan tumbuhnya gigi geraham belakang. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama.

Mungkin diantara kalian tidak tahu bahwa pada saat gigi yang sedang berlubang dan tumbuhnya gigi geraham belakang itu sama-sama menimbulkan rasa nyeri (sakit gigi). Gigi yang sedang berlubang, sakit ketika kalian sedang mengkonsumsi makanan yang dingin disaat gigi berlubang tersebut  sudah mengalami pembengkakan. Sedangkan tumbuhnya gigi geraham, hanya terasa nyeri saja.

Ciri-ciri awal gigi yang berlubang berlubang adalah dibagian atas gigi terlihat berkapur yang menandakan adanya penghancuran email pada gigi. dibagian ini akan berwarna cokelatan dan membentuk lubang. Bisa kalian terlihat di cermin atau dengan bantuan alat bantu kedokteran gigi. Perlu diperhatikan, bahwan ketika gigi kalian berlubang, gigi kalian tidak dapat mengalami pembentukan kembali (beregenerasi).

Selain berkapur dan berwarna kecoklatan, gigi berlubang akan mengilat menandakan adanya karies. Dan apabila dibiarkan, akan berlanjut sampai ke dalam lapisan gigi yang disebut dentin. Dan jika gigi tersebut digunakan untuk makan ataupun minum maka akan terasa ngilu.

Gigi belakang (geraham) tumbuhnya paling akhir. Gigi ini mulai tumbuh pada saat kalian berusia 17 tahun ke atas. Karena gigi lain tumbuhnya lebih awal maka sering kali dijumpai kondisi gigi geraham kekurangan ruangan (tempat). Ataupun bahkan tidak akan tumbuh sama sekali (impaksi gigi).
Struktur Gigi
Struktur Gigi
Jika tumbuhnaya gigi miring, maka ada kemungkinan gigi tersebut menekan atau mendorong gigi yang berada disebelahnya atau mungkin menekan saraf. Inilah yang menimbulkan adanya rasa sakit. Kemungkinan lainnya, rasa sakit dikarena mahkota gigi tersebut sebagian masih tertutup gusi, sehingga sisa makanan yang menumpuk sulit untuk dibersihkan dan menyebabkan gusi tersebut mengalami radang bahkan infeksi (sakit gigi). Jenis obat yang diberikan pada gigi yang sedang tumbuh dengan gigi sakit berbeda.

Obat yang biasa diberikan adalah antibiotik, penghilang nyeri (analgetik) dan penghilang bengkak (antiinflamasi). Dan untuk sakit gigi berlubang tanpa peradangan, cukup dengan diberikannya obat penghilang nyeri saja.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bagaimana membedakan rasa sakit yang di sebabkan oleh gigi yang sedang berlubang dan gigi yang sedang dalam proses pertumbuhan (gigi geraham). Untuk menghidari adanya sakit gigi (gigi berlubang) sebaiknya menyikat gigi secara teratur dan untuk menghindari ngilu pada saat gigi geraham tumbuh sebaiknya hindari makanya yang terlalu dingin atau pun panas.

Baca juga Cara mengobati sakit gigi menggunakan bawang putih

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber:  drg Noviar Harjanto.

No comments:

Post a Comment