Perbedaan Gigi Kuning dan Gigi Putih

Gigi Kuning adalah Kuat??

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang kuatan mana, gigi yang kuning atau gigi yang putih?? Untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahass bersama ahli cara.

Gigi putih merupakan gigi yang keren dikalangan anak muda, kebanyakan seseorang yang mempunyai gigi putih cenderung di anggap sebagai orang yang bersih dalam merawat gigi, sedangkan gigi yang kuning cenderung di anggap orang yang tidak merawat diri mereka atau gigi mereka dan ketika kita melihat orang yang bergigi kuning, kita enggan untuk mendekat bahkan merasa jijik dengan kotor gigi kuningnya.

Tapi dari semua itu ada beberapa orang yang memamerkan kekuatan gigi mereka, misalkan dalam acara televisi, banyak ateraksi-ateraksi yang menggunakan giginya untuk mengangkat beban, membuka tutup botol, memecahkan kaca menggunakan gigi, bahkan menarik mobil besar menggunakan gigi. Tapi gigi mereka tidak putih bahkan kekuning-kuningan. Apakah memang benar gigi kuning itu lebih kuat dari pada gigi putih??

Kelihatannya seperti mitos, tetapi pada umumnya gigi kuning lebih tahan, yang dimaksud kuning disini adalah warna gigi asli dan bukan warna kuning yang menempel pada permukaan gigi asli. Alasannya adalah gigi yang lebih kuning memiliki email yang lebih tembus pandang sehingga warna kuning dari dentin menjadi terlihat. Email yang tembus pandang tersebut disebabkan oleh lebih termineralisasinya Kristal-kristal email itu sendiri, sehingga lebih tahan terhadap kerusakan gigi.

Pengecualian, jika anak-anak pada saat pertumbuhan gigi diberi antibiotik tetrasiklin, gigi mereka mungkin akan berwarna kuning keabuan, bukan menjadi tahan terhadap kerusakan gigi tetapi sebaliknya akan menjadi rentan terhadap kerusakan. Jadi, sebaiknya jika memungkinkan obat tersebut adalah obat yang harus dihindari sebelum anak berusia 12 tahun. Literature tentang tetrasiklin juga menyebutkan peringatan ini, tetapi beberapa dokter tidak menyadarinya, jadi penting bagi kalian untuk menanyakan resep antibiotik yang akan di berikan kepada anak yang masih di bawah 12 tahun.

Gigi Kuning dan Gigi Putih
Gigi Kuning dan Gigi Putih
Itulah beberapa penjelasan mengenai gigi kuning dan gigi putih. Apa bila kalian memiliki gigi kuning yang bersih, jangan kawatir dengan keadaannya, itu hanyalah email gigi yang tembus pandang. Tidak selamanya gigi yang kuning itu tahan terhadap kerusakan gigi. Mungkin saja gigi kuning itu disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel, bukannya tahan malah makin rentan terhadap kerusakan gigi dan akhirnya terkena sakit gigi. Rawatlah gigi kita agar terhindar dari sakit gigi, dimulai dengan menggosokkannya secara teratur dua kali dalam sehari.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Mengenal gigi anda, dr.john besford, 1996

No comments:

Post a Comment