Istilah dan Komponen sistem basis data

ISTILAH-ISTILAH BASIS DATA

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang istilah-istilah yang ada pada basis data. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas.
Ada beberapa Istilah-istilah Basis data yang ada pada basis data, istilah-istilah tersebut sangat berpengeruh pada saat mengenal apa yang ada pada basis data. Istilah-istilah tersebut antara lain, Entititas, Field, Record, Data Value, Kunci elemen data atau Key Data Element, dan Komponen-komponen Sistem Basis Data atau Data base.
  1. Entitas adalah suatu lokasi, pengguna atau pelaku, suatu kejadian atau konsep informasi yang telah di dapatkan. Pada bidang kesehatan Entity adalah Pasien, Dokter, Kamar.
  2. Field adalah salah satu bagian dari entity atau dengan kata lain atribut dari entity.
  3. Record adalah sekumpulan informasi yang ada pada atribut entity.  Dengan kata lain atribut atau bagian dari entity mencakup beberapa informasi dan informasi tersebut merupakan record.
  4. Data Value Merupakan data infomasi yang terdapat pada setiap data elemen. Isi atribut yang ada pada elemen disebut nilai data.
  5. Kunci Elemen Data ( Key Data Element ) merupakan bagian dari elemen data yang menunjukkan bahwa elemen tersebut merupakan pusat atau kunci dari setiap elemen. Dengan kata lain suatu elemen yang merupakan sebagai pengenal dari sekumpulan elemen entitas dari kumpulan elemen entitas.
  6. Komponen-komponen Sistem Basis Data ( Database ) merupakan bagian-bagian yang ada pada sistem basis data yang saling berkaitan. 

KOMPONEN BASIS DATA

Ada beberapa komponen yang ada pada sistem basis data atau database, diantaranya perangkat keras, sistem operasi, basis data, management system (DBMS), user.
  1. Perangkat Keras ( Hardware ) merupakan salah satu komponen yang ada pada sistem basis data yang berfungsi untuk menyimpan data (memori sekunder hardisk).
  2. Sistem Operasi ( Operating System ) merupakan suatu program yang berfungsi untuk menjalankan sistem yang ada pada sistem basis data. pada computer biasa digunakan yaitu M.dos, windows 7 dan sebagainya.
  3. Basis  data (  Database  ) merupakan kumpulan data atau file yang ada pada sistem basis data, yang kapan saja dapat di munculkan jika diperlukan.
  4. Management System ( DBMS )suatu aplikasi yang bertujuan untuk mengolah basis data dimana data tersebut akan disimpan, diubah dan diambil kembali.
  5. Pemakai ( User ) merupakan pelaku pengguna sistem basis data yang menjalankan dan atau beriteraksi langsung dengan basis data melalu bahasa pemrograman. 
Basis data
Basis data

Deminikanlah beberapa ualasan tentang istilah-istilah yang ada pada sistem basis data. sistem basis data tidak akan dapat berjalan jika salah satu komponen yang ada itu hilang. Dan mereka saling berkaitan satu sama lain.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment