Pengertian dan Tujuan serta Fungsi Basis Data

Apa itu Basis Data?

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang basis data. bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama.
Basis data adalah sekumpulan atau kelompok data (file) berupa lembaran, tulisan maupun dalam bentuk table yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Basis data sendiri biasa disebut sebagai penyimpanan file atau dokumen yang dapat dimunculkan kembali.

Tujuan dan Fungsi Basis Data

Ada beberapa tujuan dari basis data, atau dengan kata lain fungsi dari basis data itu sendiri. Antara lain:
  1. Mempermudah penyimpanan, pengolahan, serta pengeditan suatu data (file). Jika dalam suatu data yang telah disimpan sulit untuk di cari kembali maka pengedita, pengolahan suatu data akan sulit.
  2. Mepercepat penyimpanan karena basis data bertujuan untuk menghindari redudansi data. dalam proses penyimpanan yang cepat itu sangat perlu, tanpa mengatur kembali kelompok data yang mana yang mesti digolongkan.
  3. Keakuratan data, peyimpanan yang telah disimpan akan mudah ditemukan bila keakurangnya relative tinggi.
  4. Ketersediaan data, penyimpanan sangat berpengaruh dengan kapasitas. Semakin tinggi kapasitas maka semakin banyak pula data yang dapat ditampung.
  5. Kelengkapan data, semakin lengkap data yang ada pada basis data maka semakin mempermudah dalam menggabungkan, pengeditan suatu data.
  6. Keamanan data, dalam penyimpanan pengamanan sangat diperlukan. Siapa saja yang dapat menggunakan data tersebut dan siapa yang tidak. Serta jenis operasi yang dapat dilakukan.
  7. Kebersamaan pemakain, dalam beberapa kasus pemakaian data bisa diakses oleh beberapa orang. Tetapi tetap menjaga keamanan suatu data. tergantung siapa saja orang-orang yang diperbolehkan untuk mengakses data tersebut.
Basis Data
Basis Data

Itulah beberapa ulasan mengenai basis  data. secara umum, basis data sendiri bertujuan untuk mengakses data yang telah disimpan sebelumnya. Sehingga dapat mempermudah dalam pencarian, pengeditan, pengolahan data yang telah disimpan tadi. Basis data dapat di akses oleh lebih dari beberapa orang, tergantung siapa saja yang diperbolehkan untuk mengaksesnya. Demi menjaga keamanan suatu data, sebaiknya user atau pelaku yang mengakses data dibatasi.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fathansyah,1999

2 comments:

  1. jika telah disimpan dalam file,apakah akan mudah untuk mengeditnya kembali?

    ReplyDelete