Jenis-jenis Sistem serta Pengertiannya

Pembagian/Jenis-Jenis Sistem

Hai kawan-kawan, ketemu lagi dengan ahli cara, kali ini kita akan membahas tentang Jenis-jenis sistem. langsung saja kita bahas bersama.
Ada beberpa jenis-jenis sistem diantaranya adalah sistem pakar, Decision support system (DSS), Sistem informasi manajemen (SIM), Transaction Processing System (TPS).

Sistem pakar
Sistem pakar merupakan program yang ada pada komputer yang berisikan beberapa ilmu pengetahuan satu atau lebih bidang ilmu secara spesifik. Jenis sistem ini dikembangkan pada dasawarsa yaitu pada tahun 1960-1970 dan diterapkan secara menyeluruh pada tahun 1980-an. Bentuk umum jenis sistem ini adalah suatu program yang ada pada komputer dan dibuat dengan berlandaskan aturan yang bertujuan untuk mengatur dan memperhatikan informasi atau file.

Decision support system (DSS)
DSS merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk manajemen informasi serta membantu dalam pemilihan tujuan yang tepat (keputusan yang tepat). Jenis sistem ini juga bertujuan sebagai informasi pilihan, dimana pilihan tersebut mengarahkan penggunanya agar tidak memilih langkah yang salah. Proses perencanaan jenis sistem ini dimulai dengan perencanaan dengan menggunakan contoh praktek yang interaktif, diharapkan jenis sistem ini dapat menarik perhatian manajer dan dapat memperlihatkan keadaan yang sebenarnya dalam suatu bisnis atau pun dengan hal yang lain.
Yang perlu diperhatikan adalah jenis sistem ini merupakan alat bantu dan bukan sebagai pengganti dalam setiap tugas manajer. Jenis sistem ini juga merupakan bagian dari informasi yang terdapat pada pakar-pakar ilmu yang membantu dalam pengambilan keputusan seperti halnya operation research. Dengan menggunakan jenis sistem ini maka diharapkan dalam mempermudah perhitungan iterasi (minimum, maksimum, dan optimum) tidak lagi dihitung secara manual. Pada saat ini komputer sudah menyediakan kemampuan tersebut dalam menyelesaikan masalah yang relative cepat.

Ada beberapa istilah yang ada pada jenis sistem yaitu decision modeling, theory,  analysis yang bertujuan untuk memperlihatkan suatu permasalahan yang ada secara kuantitatif seperti halnya dalam model matematika.  Banyak permasalahan yang menggunakan rumusan yang sangat rumit sehingga memerlukan komputer yang sangat canggih, tetapi ada juga rumusan permasalahan yang dapat diselesailkan meskipun agak rumit diselesaikan dan disimulasikan.

Sistem informasi manajemen
Sistem informasi manajemen (SIM) adalah salah satu bagian pengendali dari dalam (internal) di suatu perusahaan bisnis yang biasanya meliputi penggunaan file, dokumen, informasi, teknologi yang dikerjakan oleh akuntansi manajemen dalam menyelesaikan suatu masalah bisnis serta merancang suatu strategi bisnis. Jenis sistem ini digunakan juga untuk menganalisis suatu aktifitas oprasi dalam suatu perusahaan. Dalam hal pemasaran jenis sistem ini sangat membantu dalam mengendalikan barang yang diedarkan dipasaran.

Suatu informasi manajemen didasari dengan adanya perencanaan untuk mencapai suatu tujuan yang pasti. Untuk memastikan tujuan berjalan dengan benar maka suatu perencanaan sangat berperan dalam hal ini, perencanaan yang keliru akan berakibat fatal pada suatu perusahaan. Sistem berperan penting dalam pengendalian ini, mulai dari pengawasan perencanaan yang telah ditetapkan sampai akhir yang telah ditetapkan. Dalam hal ini manajer mengarahkan anggotanya agar tidak salah melangkah.

Sistem informasi manajemen adalah himpunan dari sistem informasi, atau dengan kata lain sistem yang menyimpan dan mnyediakan informasi yang akan dikelola atau pun dipertukarkan dikemudian hari apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Mulai dari informasi jalannya suatu produk atau pun hasil dari produk yang telah dipasarkan. Sistem informasi manajemen menampung banyak informasi yang dikelola secara berkala, saling berkaitan satu sama lain, serta ketergantunga. Maksudnya adalah informasi tersebut tidak terpisahkan.

Transaction Processing System (TPS)
Jenis sistem ini digunakan sebagai pemprosesan data yang amat besar serta di jalankan secara bersamaan, sepertihalnya pemberian gaji karyawan dan penyimpanan data dari bank data yang satu ke bank data yang lain. Transaction Processing Sistem membantu dalam melakukan transaksi secara bersamaan, sehingga waktu yang digunakan sangat efisien dan tidak rumit. Jenis sistem ini dapat me-up date data setiap saat, sehingga dapat berinteraksi dengan keadaan diluar. Bagi pebisnis penggunaan jenis sistem ini sangat bermanfaat dikarenakan tidak lagi menginput data secara manual, dalam artian jenis sistem ini beroprasi tiada henti, tanpa ada gangguan, dan memproses data secara terus menerus.

Jenis Sistem
Jenis Sistem

Itulah beberapa jenis sistem beserta fungsinya masing-masing. Pada dasarnya jenis sistem bertujuan mempermudah dalam penyimpanan, pengambilan suatu data. jenis sistem sendiri sangat berperan penting dalam pengeditan suatu data, dalam hal ini pengambilan keputusan tercepat dan tanpa henti dalam memproses suatu data. semaki besar suatu permasalahan data, seperti rumusan-rumusan yang ada dalam model matematika maka semakin besar kecanggihan suatu komputer yang dibutuhkan untuk mengoprasikan permasalahan tersebut, tetapi dengan adanya jenis sistem ini maka dapat mempermudah dalam pengolahannya.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment