Tujuan, manfaat, kekurangan BASIS DATA

TUJUAN BASIS DATA

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang tujuan dan manfaat basis data serta kelemahannya. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama.
Tujuan utama basis data adalah agar kita dapat menemukan suatu data (file) secara cepat dan tanpa kendala sama sekali. Pencarian yang aman juga salah satu tujuan dari basis data ini.

MANFAAT BASIS DATA

Beberapa manfaat dari tujuan basis data, antara lain
  1. Kecepatan dan kemudahan, Kecepatan  yang sangat mudah adalah salah satu pemanfaatan suatu basis data, dan tidak di kelola atau dimpan secara manual, satu persatu.
  2. Efisien ruang penyimpanan (Space), dengan adanya database penyimpanan data ke dalam ruang penyimpanan akan lebih mudah, karena kita menggunakan semacam label, tanda, code yang akan mengelompokkan suatu data secara cepat.
  3. Keakuratan (Acuracy), penggunaan label, tanda, pengkodean suatu data dapat direalisasikan kepada database sehingga keakuratan suatu pencarian atau pun penyimpana akan lebih besar.
  4. Keamanan (Security), pada beberapa database penggunaan keamanan tidak terlalu penting, tetapi pada database yang besar penggunaan keamanan akan sering di jumpai. Kita dapat mengatur user apa saja yang bisa menggunakan data yang telah disimpan.
  5. Terpeliharanya keselarasan data (Consitant), apabila ada suatu data yang mengalami masalah dan diperbaiki makan akan berpengaruh pada data yang lain. Sehingga perubahan data yang dilakukan akan berubah dari data yang satu dengan data yang lain karena adanya saling keterkaitan.
  6. Data dapat dipakai secara bersama (shared), maksudnya adalah penggunaan data dapat di gunakan secara bersamaan di waktu yang sama tergantung pada user yang diperbolehkan untuk mengakses data tersebut.
  7. Dapat diterapkan standarisasi (standardization), dengan adanya pengelola dari pusat data yang mengatur standar suatu data maka data dapat dengan mudah digunakan, diolah, dikirim atau punpertukaran data dengan cepat.
Itulah beberapa kelebihan suatu basis data. adapun beberapa kelemahan dari sistem basis data.

KELEMAHAN SISTEM BASIS DATA

  1. Memerlukan tenaga spesialis, sistem basis data tidak mudah untuk dikelola maka dari itu penggunaan sistem basis data harus pada orang-orang yang berpengalaman.
  2. Kompleks
  3. Memerlukan tempat yang besar, jelas dalam penyimpanan data yang banyak memerluka kapasitas atau tempat yang banyak juga.
  4. Mahal, 
  5. Pengguna Basis Data, pengguna basis data atau user dapat dibatasi atau pun tidak tergantung admin dari sistem. Semakin banyak yang menggunakan basis data maka akan semakin berat pencarian atau proses akses suatu data.
Sistem Basis Data
Sistem Basis Data

Demikianlah beberapa ulasan mengenai tujuan basis data, manfaat basis data, serta kekurangan suatu sistem basis data. penggunaan sistem basis data sangatlah bagus tergantung dari kebutuhan suatu data. semakin sedikit user yang mengakses suatu data makan akan semakin mudah dalam memprosesnya. Kapasitas penyimpanan suatu data sebaiknya diimbangi dengan kapasitas data yang ingin ditampung.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment