Proses Penyakit Gusi hingga rusaknya gigi

Bagaimana Proses Penyakit Gusi?

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang proses penyakit gusi. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama.
Penyakit gusi merupakan akibat proses peradangan gusi. Biasanya disebabkan atau diakibatkan oleh plak, dan tanpa adanya sebuah plak penyakit gusi tidak akan dapat terjadi. Ini berarti, dapat disebuhkan apabila kalian rajin membersihkan semua plak pada gigi-gigi kalian. Jika kalian tidak membersikan plak tersebut, berarti kalian membiarkan proses penyakit gusi terus berlanjut. Tahap proses penyakit gusi, antara lain:
  1. Tahap pertama (awal permulaan), plak yang terdapat pada sebuah gigi di dekat gusi (persekitaran) menyebabkan gusi menjadi merah (lebih tua dari merah muda), sedikit membengkak (membulat dan bercahaya, tidak tipis dan berbintik seperti kulit jeruk bagian luar), mudah berdarah ketika disikat tetapi tidak terasa sakit (karena adanya luka kecil pada poket gusi).
  2. Tahap kedua, setelah beberapa bulan atau beberapa tahun peradangan ini berlangsung, plak pada gigi dapat menyebabkan serabut paling atas antara tulang rahang dan akar gigi bagian gusi dalam membusuk, dan ini diikuti dengan hilangnya sebagian tulang rahang (bagian dalam gusi) pada tempat perlekatan (hilang sedikit demi sedikit). Poket gusi juga menjadi lebih dalam dengan penurunan tinggi tulang rahang tersebut. Gusi tetap berwarna merah, bengkak dan mudah berdarah ketika disikat. Tetapi tidak terasa sakit.
  3. Tahap ketiga, setelah beberapa tahun tanpa pembersihan plak yang baik dapat terjadi tahap ketiga. Saat ini akan lebih banyak lagi tulang rahang yang rusak dan gusi semakin turun, meskipun tidak mencapai kerusakan tulang. Poket gusi menjadi lebih dalam (lebih dari 6 mm). karena tulang hilang, gigi mulai terasa sedikit goyang, dan gigi depan kadang-kadang mulai bergerak dari posisi semula. Kemerahan, pembengkakan, dan pendarahan masih tetap terjadi, dan tetap tidak ada rasa sakit.
  4. Tahap terakhir, biasanya sampai kalian berusia 40-an atau 50-an tahun, tapi terkadang dapat lebih awal. Setelah beberapa tahun lagi tetap tanpa pembersihan plak yang baik dan perawatan gusi, tahap terakhir dapat dicapai. Sekarang kebanyakan tulang disekitar gigi telah mengalami kerusakan sehingga beberapa gigi menjadi sangat goyang dan mulai sakit. Kalian perlu kedokter gigi, kemungkinan gigi tersebut akan dicabut karena sudah tidak dapat dipertahankan dan perlu di buatkan gigi tiruan.
Penyakit Gusi
Penyakit Gusi

Itulah beberapa ulasan tentang proses terjadinya penyakit gusi. Urutan kejadian diatas adalah hal yang biasa, tapi hal tersebut tidak akan terjadi jika kalian mulai membersikan plak dengan baik sebelum terlambat. Ini tidak boleh terjadi pada anak kalian. Anak-anak kalian harus dapat memetik keuntungan karena dilahirkan pada masa di mana kita telah mengetahui bagaimana menghindari penyakit gusi dan kerusakan gigi. Demikianlah ulasan diatas, smoga bermanfaat.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : dr.john besford, 1996.

No comments:

Post a Comment