Jenis Sikat Gigi yang baik digunakan

Bagaimana Jenis Sikat Gigi yang baik?

Hai kawan-kawan sekalian, kali ini kita akan membahas tentang jenis sikat gigi yang baik digunakan. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama.

Banyak orang berpendapat bahwa sikat gigi itu semuanya sama. Maka dari itu, pembelian sikat gigi pun tergantung selera masing-masih. Sebenarnya haltersebut adalah salah besar. Beberapa sukat gigi hanya diproduksi untuk membuat tampilan sikat gigi menjadi menarik bukan untuk digunakan sebagai fungsinya yaitu membersihkan plak dan kotoran pada gigi.
Pendapat mengenai hal ini berbeda-beda, demikian juga dengan klaim yang dikeluarkan pabrik pembuatnya. Namun hal tersebut tidak akan menyuliatkan bila kalian mengikuti petunjuk-pentunjuk sebagai berikut:

  1. Kepala sikat gigi harus kecil, sehingga kalian dapat menggerakkannya dengan mudah pada sudut yang berbedda. Bila perlu, kalian dapat membeli sikat gigi anak-anak untuk memenuhi persyaratan ini, dan bahkan ini pun lebih murah. Sikat gigi yang kepala sikatnya terlalu besar seakan-akan membersihkan seluruh gigi dalam satu kali sikatan, namun hal ini salah. Banyak sela-sela gigi yang terabaikan dan tekanan yang kurang untuk mencapai sela tersulit dikarenakan ukuran yang sangat besar.
  2. Belilah sikat gigi dengan bulu sikat gigi terbuat dari nilon. Disamping harganya murah, sikat ini dapat dipakai dengan cukup lama. Sikat gigi ini mudah kering, dan tidak selunak dengan bulu sikat gigi alami. Beberapa orang menyukai sikat gigi alami dari pada yang terbuat dari nilon. Karena cepat keringnya bulu sikat gigi dari nilon sehingga bakteri dan kuman takkan sempat berkembangbiak.
  3. Jangan membeli sikat gigi dengan label yang lunak. Bulu-bulu sikat gigi harus kaku untuk membersihkan plak yang ada pada gigi, lagi pula lama kelamaan seiring pemakaian sikat gigi yang kaku tadi akan menjadi lunak juga. Semakin keras bulu sikat gigi maka akan lebih bagus. Perlu diperhatikan, apabila dokter gigi kalian melarang maka jangan menggunakan bulu sikat gigi yang keras, karena ada beberapa orang di sarankan untuk menggunakan bulu sikat gigi yang lunak dikarenakan sehabis operasi gusi, karena gusi masih dalam keadaan lunak dan belum sembuh total.
Sikat Gigi
Sikat Gigi

Itulah beberapa bentuk dan cara pemilihan sikat gigi yang baik. Jangan terkecoh dengan yang dipromosikan sikat gigi khusus pembersih plak, bukankah semua sikat gigi digunakan untuk membersihkan plak. Demikian juga dengan sikat gigi yang berujung bulat, beberapa perusahaan sikat gigi membuat sikat gigi dengan ujung bulat, sebenarnya meskipun tidak bulat tetapi dalam jangka pemakaian sikat gigi tersebut ujungnya akan menjadi bulat juga.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Mengenal gigi anda, dr.john besford, 1996

No comments:

Post a Comment