Pengertian serta Tujuan Sistem Basis Data

PENGERTIAN SISTEM BASIS DATA

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang sistem basis data. bersama ahli cara langsung saja kita bahas bersama.
Sistem Basis Data merupakan kumpulan basis data atau beberapa basis data yang  saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain sistem basis data adalah yang memuat basis data yang di dalamnya diatur oleh sistem tertentu, sehingga dapat diolah dan di gunakan secara bersama-sama. Basis data sendiri merupakan kumpulan beberapa data (file).

TUJUAN SISTEM BASIS DATA

Adapun beberapa kelebihan dan tujuan dari sistem basis data itu sendiri antara lain,
  1. Tidak ada data yang sama, dalam artian data yang terdapat pada sistem basis data itu berbeda-beda. Berdasarkan golongan masing-masing.
  2. Data terintegrasi, data tersebut dapat di jangkau dan mudah di deteksi keberadaannya 
  3. Data yang ada pada sistem basis data tidak ketergantungan pada suatu program aplikasi, sehingga aplikasi yang digunakan akan lebih mudah dan dapat dig anti-ganti.
  4. Data dapat digunakan oleh user secara bersamaan tanpa ada ganguan antara data yang satu dengan data yang lainnya
  5. Dapat diterapkan standarisasi, maksudnya adalah penentuan standar suatu data dapat ditentukan. Tergantung dari jenis mana data itu berasal dan mau di kelompokkan di bagian mana.
  6. Data dapat  dikelola dan efektif, maksudnya adalah dalam pengeditan, pengelolaan suatu data akan lebih efisien, mudah serta cepat. Karena penyimpanan data yang teratur.
  7. Informasi selalu up to date, maksudnya adalah pemberharuan suatu data akan sering terjadi. Apabila suatu data sudah terlalu jauh rentang waktunya (lama) maka akan lebih mudah untuk memperbaharuinya.
Sistem Basis Data
Sistem Basis Data

Demikianlah beberapa tentang sistem basis data. sistem basis data merupakan suatu pemetaan aplikasi yang memetakan data yang satu dengan yang lain, serta sistem basis data merupakan kumpulan dari beberapa basis data yang ada. Apabila suatu data tidak dapat dip roses maka ada beberapa aplikasi atau sistem yang sedang dalam suatu masalah.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fathansyah,1999.

No comments:

Post a Comment