Pengertian dan Macam-macam Gigi

Pengertian Gigi

Hai kawan-kawan, Kali ini kita akan membahas tentang pengertian gigi dan macam-macam gigi. Bersama ahli cara, langsung saja kita bahas.

Gigi merupakan salah satu bagian keras pada tubuh manusia yang terdapat di dalam mulut. Gigi memiliki banyak bentuk dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek ,mengunyah serta menghancurkan makanan dan pada hewan karnivoran, digunakan sebagai senjata pertahanan hidup. Gigi memiliki email gigi yang berfungsi sebagai pelindung mencegahnya gigi lubang. Ketika email gigi memudar atu pun menghilang maka kalian akan rentang terkena sakit gigi.

Pada beberapa hewan, Gigi merupakan bagian yang paling dibutuhkan. Tanpa gigi hewan tersebut akan sulit mengkonsumsi makanan dan bahkan mati dikarenakan tidak dapat bertahan hidup atau melindungi diri mereka. Sering kali gigi digunakan oleh paleontology mengidentifikasi jenis fosil hewan. Bentuk gigi hewan berbeda-beda tergantung dari jenis makanan hewan itu. Beberapa hewan herbivore seperti sapi, kambing (pemakan tanaman) mempunyai banyak gigi geraham yang berfungsi untuk mengunyah dan menghancurkan rumput yang sulit di cerna. Sedangkan hewan Karnivora mempunyai taring yang berfungsi untuk membunuh mangsanya dan merobek daging mangssanya tersebut. Biasanya hewan pemakan daging tidak mengunya makannya dikarenakan daging yang mereka makan mudah untuk dicerna.

Macam-macam Gigi
Macam-macam gigi pada manusia diantaranya :
  1. Gigi seri, gigi ini memiliki satu akar dan berfungsi untuk memotong serta mengerat makanan
  2. Gigi taring, gigi yang memilki satu akar dan berfungsi untuk mengoyak serta mencabik-cabik makanan.
  3. Gigi Geraham Keci,l gigi ini memiliki dua akar dan berfungsi untuk menggilas serta mengunyah makanan.
  4. Gigi geraham, gigi ini memiliki tiga akar dan berfungsi untuk melumat serta mengunyah makanan.
Pada bagian gigi manusia terstruktur / tersusun atas 4 (empat) jaringan yakni :
  • Email merupakan jaringan gigi yang berfungsi untuk melindungi tulang gigi, email mempunyai zat yang sangat keras, terletak  di bagian luar gigi manusia.
  • Tulang Gigi (dentin) merupakan lapisan yang membentuk zak kapur dan berada pada bagian lapisan setelah email.
  • Rongga Gigi (pulpa) merupakan rongga yang di dalamnya terdapat serabut-serabut syaraf dan pembuluh darah kapiler.
  • Semen / Sementum merupakan bagian dari akar gigi yang berdampingan / berbaasan langsung dengan tulang rahang di mana gigi manusia tumbuh.
Struktur Gigi
Struktur Gigi

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian gigi dan macam-macam gigi. Gigi merupakan hal yang lumrah pada manusia. Tanpa gigi akan sulit mengkonsumsi suatu makan. Sakit gigi merupakan hal mengerikan, dengan sakit gigi seseorang enggan melakukan bahkan enggan makan. Apabila ada salah satu gigi yang hilang maka proses penghancuran, pengoyakan suatu makan akan terganggu, dan makanan tersebut tidak hancur secara merata atau sempurna.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber:  drg Noviar Harjanto.

No comments:

Post a Comment