Pengertian Data dan Jenis-jenis data

Data - Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas tentang pengertian data, jenis-jenis data, fungsi data, bagaimana menggunakan  data, bagaimana cara mendapatkan data, dan lain sebagainya. Dalam pembahasan ini kami berfokus membahas tentang pembagian dan pemngertian. Semoga dapat dipahami dengan mudah.

Pengertian Data

Hai kawan-kawan. Kali ini kita akan membahas tentang data dan jenis data. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas.

Data merupakan kumpulan dari berbagai informasi yang didapatkan dari suatu pengamatan atau penelitian berupa angka ataupun kalimat. Di dalam data terdapat gambaran tentang suatu keadaan atau masalah. Data bisa juga diartikan sebagai kumpulan pengetahuan yang didapatkan dari pengamatan atau penelitian suatu objek tertentu.

Jenis-Jenis Data
Jenis data terbagi dari beberapa, diantaranya: dari sumbernya, dari cara memperolehnya, dari sifatnya, dan dari waktu pengumpulannya.

Jenis data dari sumbernya diantaranya:
  • Data intenal adalah data dari dalam suatu objek yang menggambarkan keadaan objek tersebut.
  • Data eksternal adalah data dari luar suatu objek yang dapat menggambarkan faktor-faktor mempengaruhi suatu objek.
Jenis data dari sifatnya,  yaitu:
  • Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka.
  • Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka.
Jenis data dari cara memperolehnya, antara lain:
  • Data Primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan dari suatu objek secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan objek bersangkutan.
  • Data Sekunder adalah data yang diperoleh dan disatukan dari data-data yang telah diperoleh sebelumnya
Jenis data dari waktu pengumpulannya, antara lain:
  • Data cross section, yaitu data yang dikumpulkan pada waktu tertentu untuk menggambarkan keadaan pada saat waktu tersebut berlangsung.
  • Data berkala, yaitu data yang diperoleh dan dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu masalah selama periode tersebut.
Data
Data
Itulah beberapa pembahasan mengenai data dan jenis data. Pada dasarnya, data digunakan sebagai bahan untuk melakukan suatu penelitian, tanpa suatu data penelitian yang dilakukan akan sia-sia. Data juga membantu suatu penelitian lain, yang telah di arsipkan.

Baca juga Jenis data dan distribusi

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Metode Riset aplikasi dalam pemasaran,j.supranto M.A, 1991

No comments:

Post a Comment