Pengertian Flourin, Bahaya fluor dan tujuan penggunaannya

Pengerian Fluorin

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang bahaya fluor dan tujuan penggunaannya bersama ahli cara. Kalian pasti bertanya-tanya, apa itu fluor? Dan bagaimana kegunaannya. Langsung saja kita bahas bersama ahli cara.

Fluorin adalah elemen yang bergabung dengan elemen tertentu untuk membentuk garam yang disebut fluor, dan garam ini dapat larut dalam air. Efek dari fluor ada 2 tahap. Pertama, fluor yang telah diserap ke dalam tubuh, setelah ditelan, digunakan oleh sel-sel pembentuk gigi untuk membuat Kristal-kristal dengan sedikit campuran fluor. Kedua, setelah gigi tumbuh di dalam mulut, fluor dari air minum, atau sumber lainnya dari makanan, langsung disimpan pada permukaan Kristal email, dan diantara Kristal-kristal tersebut, sehingga terjadi pengurangan kelarutan yang sangat besar.

Fluor adalah racun, itu yang ditekankan oleh kelompok antifluoridasi. Tetapi seperti juga garam meja, air, oksigen, gula, dan lain-lain, semua digunakan secara luas dan beberapa diantaranya penting bagi kehidupan manusia. Yang membedakan adalah banyaknya penggunaannya. Oksigen, jika digunakan dalam konsentrasi tinggi dalam waktu yang terlalu lama, dapat menyebabkan keracunan, seperti yang ditemukan pada penyelam dalam perang dunia I. jika kalian minum terlalu banyak air dan makan terlalu banyak garam, kalian akan mengalami ketidakseimbangan substansi di dalam darah kalian.keracunan alcohol kronis sering terjadi. Kelebihan konsumsi gula dapat menyebabkan penyakit kencing manis, penyakit pembuluh darah arteri, dan gagal jantung. Aspirin sering digunakan untuk obat bunuh diri. Jika kalian mengkonsumsi fluor terlalu banyak, dapat juga menyebabkan kematian. Tetapi dosis mematikannya beberapa ratus kali daripada dosis yang diperlukan untuk melindungi gigi, jauh lebih aman dibandingkan alcohol atau aspirin. Untuk rata-rata anak usia 5 tahun dengan berat badan 20 kg (44 lb), diperlukan 1000 tablet fluor dosis tinggi agar dapat berakibat fatal, sehingga 60 tablet sudah dapat membuat sakit.

Untuk anak usia 4 tahun ke atas, kebutuhan fluor perharinya agar dapat bertahan terhadap kerusakan gigi adalah 1 mgr (1/1000 gr). Bukti keamanan fluor untuk jangka panjang telah diteliti pada orang-orang yang tinggal seumur hidup di daerah  dengan kadar fluor alami yang tinggi. Pada iklim sedang, orang yang minum air dengan kandungan fluor 6 p.p.m, setiap hari, dengan kadar fluor beberapa kali kadar optimal, hanya mengalami satu kerugian yaitu terdapatnya mottling pada giginya. Tidak ada kerugian lain. Lebih dari 17 juta di amerika serikat mengkonsumsi air mengandung fluor selama 25 tahun tanpa ada efek samping pada kesehatannya. Lembaga makanan dan nutrisi amerika serikat bahkan menyatakan bahwa fluor adalah bahan makanan yang diperlukan.

Mungkin prinsip pemberian ‘bahan kimia’ bagi anak belum dapat diterima. Kalian harus ingat, bahwa garam dapur juga bahan kimia, yang sangat mirip dengan fluor, seperti juga gula, dan vitamin. Tetapi, jika kalian masih belum dapat menerimanya, tidak perlu melakukannya, meskipun kalian dapat kehilangan efek pencegahan kerusakan gigi, dan anak dapat lebih rentan terhadap lubang gigi. Namun, jika kalian menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor, dan sangat teliti dalam pengendalian konsumsi gula, pembersihan plak, dan teratur mengecek kedokter gigi, kalian tidak akan kehilangan gigi.
Fluor
Fluor

Itulah beberapa penjelasan tentang bahaya flour dan penggunaannya. Beberapa anak dokter gigi walaupun tidak diberikan table fluor, tetap tidak menderita kerusakan gigi, karena mereka juga tidak makan terlalu banyak kembang gula. Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: johan Arief, 1996.

No comments:

Post a Comment