Pengertian Distribusi dan Proses Distribusi

Distribusi

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang distribusi. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas. Apa itu distribusi? Bagaimana itu distribusi?

Banyak diantara kita tidak tahu bagaimana proses distribusi, khusunya pada kegiatan ekonomi. Dsitribusi sendiri dikaitkan dengan barang dalam artian menyalurkan barang dari peroduksi ke masyarakat. Kebanyakan dari perusahaan-perusahaan barang menerapkan distribusi barang yang mereka produksi.

Pengertian Distribusi
Distribusi merupakan proses penyeluran barang yang telah selesai di produksi kenudian disalurkan atau diberikan ketangan konsumen misalnya masyarakan, orang yang menggunakan barang tersebut, dan atau pihak lain yang membutuhkan dan ingin membelinya. Dengan kata lain proses penyaluran barang dari produsen ke konsumen. Produsen merupakan orang yang memproduksi barang, dari mentah menjadi barang layak pakai, sedangkan Konsumen merupakan orang atau pemakai barang yang telah jadi tersebut.

Distribusi merupakan kegiatan yang dilakukan dalam perekonomian, sistem jual beli diterapkan didalamnya. Sebenarnya sering kita melakukan kegiatan distribusi ini, bukan artian kita yang memproduksi tetapi kita hanya menyalurkan barang, Dalam arti lain distribusi bisa di artikan sebagai penyalur barang. misalkan seorang pelajar yang ingin menjual barang bekas yang mereka telah gunakan (hal tersebut juga termasuk distribusi).

Proses Distribusi
Distribusi sering dikatakan sebagai proses, kegiatan yang berupa pemidahan barang dari pabrik perusahaan menuju tangan konsumen atau pengguna. Berikut beberapa proses atau tahap distribusi, di antaranya:
  • Pengangkutan (transportasi), merupakan kegiatan awal yang dilakukan dari abrik menuju pusat pembalian. Kegiatan ini dilakukan dengan kendaraan pengangkut barang, truk-truk mengangkutnya ke berbagai wilayah misalnya pasar atau pun kedaera-daerah menggunakan transportasi laut ataupun udara.
  • Penjualan (selling), merupakan proses atau kegiatan yang dilakukan produsen kepada toko-toko yang ingin memasarkan kepembeli-pembeli yang ingin membelinya. Kegiatan ini langsung dilakukan setelah transportasi telah dilakukan dan kemudian pihak toko membelinya atau mungkin saja pihak toko telah memesan barang yang di inginkan untuk dijual kedepannya.
  • Pembelian (buying), merupakan proses atau kegiatan penyaluran barang tadi yang berasal dari toko. Pihak toko kemudian menjualkan barang yang diterima tadi baik itu dengan menjualnya persatuan ataupun perkardus tergantung konsumen ingin yang mana.
Sebenarnya proses distribusi mempunyai inti yaitu barang yang dari produsen sampai ke pada konsumen. Dan tidak menutup kemungkinan proses tadi sampai disitu saja, barang kali dari pihak pembeli toko tadi ingin menjualnya kembali. misalnya pada kios-kios kecil yang membelibarang dari toko kemudian menjualnya kembali kepada masyarakat yang ingin membelinya.

PROSES DISTRIBUSI
PROSES DISTRIBUSI

Proses tambahan Distribusi
Dari proses diatas dapat dipahami bagaimana barang yang tadinya berada pada produsen sampai ke tangan konsumen. Selain itu ada proses khusus yang sering dilakukan dalam distribusi diataranya sebagai berikut:
  • Menyeleksi, merupakan proses pemilahan barang layak. Biasanya ini terjadi pada pertanian atau perusahaan yang mementingkan kualitas suatu barang.  Proses ini dilakukan agar tidak ada baarang yang bermasalah atau keadaan rusak sampai kepada konsumen. Misalkan ada barang yang mengalami kemasan yang sobek, barang tersebut tidak akan dilanjutkan dalam proses jual beli, 
  • Mengepak (pengemasan), merupakan proses yang dilakukan ketika barang yang telah dipilah tadi sudah benar-benar bagus dan kemudian dipasarkan ke pasar-pasar atau ke toko-toko tadi. Proses pengemasan juga penting dilakukan, ini bertujuan agar barang tadi lebih terlindungi. Misalnya barang tersebut diberi kardus, dan khusus barang yang mudah pecah pemberian kardus khusus lebih di sarankan dikarenakan keadaan transportasi yang tidak ada yang tahu bagaimana kedepannya.
Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pengertian distribusi dan proses distribusi. Intinya, Distribusi merupakan proses pemindahan barang dari produsen kekonsumen dengan proses distribusi yaitu transportasi, penjualan, dan pembelian barang.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Metode Riset pemasaran

No comments:

Post a Comment