Rumus Diameter dan Jari-jari lingkaran serta Contoh soal

Diameter dan jari-jari lingkaran

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang diameter dan jari-jari lingkaran. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas.
  • Diameter merupakan panjang suatu garis yang melewati suatu titik pusat pada lingkaran.
  • Jari-jari merupakan panjang suatu garis yang dimana garis tersebut bermula dari titik pusat suatu lingkaran menuju ke titik terluar lingkaran.
Perhatikan gambar.
Keterangan:
p = titik pusat lingkaran
d = diameter lingkaran
r = jari-jari lingkaran

Rumus
Rumus Diameter lingkaran
d = 2 x r
atau
d = K x 1/π
atau
d = (√1/π x L) x 2

Rumus Jari-jari lingkaran
r = d/2
atau
r = 1/2 x K x 1/π
atau 
r = √1/π x L
Dimana
K = keliling lingkara
L = luas lingkaran

Sebenarnya jika kita memahami betul rumus luas lingkaran dan keliling lingkaran, maka akan lebih mudah dalam mengetahui bagaimana rumus diameter dan jari-jari lingkaran.

Contoh soal
Suatu perusahaan sedang mempresentasekan hasil kerjanya dengan menggunakan diagram lingkaran. Keliling lingkaran yang digunakan adalah 22 cm. Tentukan Diameter dan jari-jari lingkaran tersebut. (π =22/7)
Jawaban:
Diketahui:
K = 22 cm
Ditanyakan:
d = ...... ?
r = ....... ?
Penyelesaian:
d = K x 1/π
d = 22 x 1/22/7
d = 22 x 7/22
d = 7 cm
maka:
r = d/2
r = 7/2
r = 3,5 cm
Jadi diameter lingkaran tersebut adalah 7 cm dan jari-jari lingkaran tersebut adalah 3,5 cm

Itulah beberapa penjabaran mengenai Rumus Diameter dan Rumus jari-jari lingkaran serta Contoh soal. Ingat: jika ingin lebih mudah dalam membolak balikkan rumus maka pahami penggunaan rumus, dan aturannya, mulai dari aturan perkalian penambahan, pembagian, perkurangan, pecahan, dan lain sebagainya. Semakin sering kalian menggunakan rumus makan akan lebih terbiasa dan dengan sendirinya akan menghafal rumus tersebut.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar materi di atas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di papan komentar yang ada di bawah dan kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Matematika SMP