Sejarah perkembangan KOMPUTER dari 1880 - sekarang

SEJARAH KOMPUTER

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Perkembangan KOMPUTER. Bersama ahli cara langsung saja kita bahas.
Permulaan
setelah manusia beralih dari sistem barter kea lam ekonomi dengan uang, kebutuhan akan angka, perhitungan, dan pemeliharaan data telah menjadi keharusan. tidak kurang dari 3000 tahun sebelum masehi angka telah dipergunakan pada beberapa bagian dunia. Alat bantu hitung pertama kali dikenal adalah ABACUS yang diperkenalkan di daratan cina pada sekitar 2600 tahun sebelum masehi (oleh beberapa pembukuan) kemudian berpindah ke Gerik dan mesir sekitar 1000 tahun sebelum masehi. Alat hitung ini masih saja dipergunakan di beberapa Negara di dunia. Angka-angka arab dan dasar perhitungan nol juga diciptakan pada masa awal kehidupan manusia.

Beberapa abad kemudian, sedikit demi sedikit telah dapat dilakukan pengembangan komputer modern. Alat mekanik pertama diciptakan untuk membantu perhitungan adalah mesin penambah yang diketemukan oleh Blaise Pascal tahun 1642. Mesin tersebut bekerja, tetapi gagal dalam segi keuangan berhubung tidak adanya industri pada abad 17 yang mampu menghasilkan alat-alat untuk dipakai dalam ketepatan perhitungan tahun 1694, Gottfried Wilhelm Liebniz mengambil ide pengembangan mesin hitung satu langkahlebih maju, dengan menemukan mesin yang dapat mengalikan. Sebagaimana halnya mesin hitung pascal, mesin ini juga gagal karena tidak ditunjang oleh pengadaan alat-alat serta kekurangan tehnik industry.

Dua abad berikutnya ternyata ada kemajuan dalam bidang listrik dan industry. Satu contoh adalah penemuan listrik pada permulaan tahun 1800 yang menunjukkan suatu gejala penting, dimana ilmu pengetahuan menemukan jawaban atas masalahnya sendiri. Pada tahun 1786, Galvani adalah orang pertama yang menemukan arus listrik, adalah sulit dipercaya pada masa sebelum 1786, bahwa arus listrik ada. Pada tahun 1800 battery basah pertama kali diciptakan. Pada tahun 1834, telah ada pembangkit arus listrik dengan battery, magnit listrik, pembangkit listrik , mesin pembangkit berputar dan mesin listrik telah diketemukan.

Penemu komputer pernama yang paling menarik pada awal abad 19 adalah Charles Babbage. Dia berambisi membangun suatu mesin penganalisa yang mampu melakukan perhitungan rumit pada saat yang bersamaan. Pada tahun 1843, dia telah melukiskan suatu rencana terperinci untuk sebuah mesin termasuk segala bagian-bagian terpenting dan berfungsi sebagai mesin komputer modern. Mengapa tidak terlaksana? Sarana dan kemampuan tehnologi pada saat itutidak dapat melayani kebutuhan.

Masa pertengahan : 1880 hingga Perang Dunia ke-II
Undang-undang Amerika serikat menetapkan dipergunakannya sensus setiap sepuluh tahun. Cacah jiwa tahun 1880 memerlukan tujuh setengah tahun untuk menyelesaikannya. Kenaikan jumlah penduduk memberikan gambaran bahwa sensus pada tahun 1890 akan memerlukan waktu tabulasi yang lebih lama, sebelas tahun adalah perkiraan kasar untuk menyelesaikannya. ini berarti bahwa hasil sensus 1890 masih dalah proses perhitungan biro sensus pada saat sensus 1900 sudah berjalan. Demikian juga masa mendatang proses perhitungan akan semakin jauh di belakang tanpa ada harapan perbaikan.

Masalah tersebut telah ditangani oleh staff biro sensus bernama Herman Hollerith. Dia mengambil ide Jacquard tenun otomatis dengan melobangi kartu dengan data-data. Apabila lobang-lobang di dalam kartu dapat dianggap sebagai simbol tenunan, tentunya lobang tersebut dapat mewakili angka. Segera setelah sensus tahun 1890 berjalan Hollerith memasukkannya dalam lobang-lobang kartu. Untuk membaca dan keperluan tabulasi dia mengambilkan ide dari kecepatan penemuan-penemuan liastrik.

Pada sekitar akhir 1920 alat tabulasi kartu telah menjadi umum di Amerika serikat. pada tahun 1935 IBM telah berhasil dengan kartu tabulasi yang terbesar (hingga saat ini) pada saat sistem pengawasan sosial diperkenalkan.

Pada tahun 1939, Howard Aiken dari Universitas Howard mulai dipekerjakan untuk memecahkan masalah angka yang kompleks, pada tahun 1944 dengan bantuan dan dukungan keuangan IBM, Mark-I, komputer elektronik mekanik pertama diperkenalkan. dan tahap baru tentang komputer modern-pun telah dimulai.

Komputer
Komputer

Perkembangan Komputer : 1945 hingga 1950
Perang mengarah pada pencepatan penemuan-penemuan. Satu masalah penting sebagai akibat perang terjadi di Universitas Pensylvania di mana seluruh team di bawah pimpinan John W. Mauchly dan J. Presper Eckert Jr dibentuk untuk membangun sistem komputer untuk membantu pembangunan peluru balistik. Hasilnya selesai tahun 1945, dua bulan setelah jepang menyerang, telah dilahirkan mesin ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). ENIAC adalah merupakan komputer elektronik yang pertama.

Setelah ENIAC selesai, Mauchly dan Eckert melanjutkan pekerjaan mereka, membangun dan memperbaiki modelnya, terbentuklah EDVAC pada tahun 1946. Kelebihannya yang utama dari ENIAC adalah dasar pemikiran penyimpanan program seperti diusulkan oleh John van Neumann, seorang anggota dari team pekerja ini, dia adalah seorang ahli matematik terkemuka.
Generasi Pertama : Tahun 1950-an

Mauchly dan Eckert meninggalkan universitas, dan mendirikan perusahaan yang memproduksikan komputer, pada tahun 1951, menjual sebuah komputer bernama UNIVAC I kepada biro sensus (yang pada tahun 1963 tidak dipergunakan lagi, dan kini disimpan di institute smithsonion). Usia mesin komputer tersebut sudah cukup lama.

Pada tahun 1950 ditandai dengan komputer generasi pertama. Tanggal yang pasti dari generasi ini adalah sulit untuk diketahui awalnya dapat dikatakan antara 1950-1954, dan akhir generasi tersebut berakhir sekitar tahun 1958 atau 1959. Yang membedakan generasi pertama dan generasi berikutnya adalah kemajuan teknologi. Kunci berhasilnya komputer elektronik yang pertama adalah dengan tabung-tabung listrik. Untuk ukuran masa kini jenis ini sudah sangat lambat, walaupun dapat melaksanakan sekitar 1000 instruksi per detik. Juga agak kecil, hanya terdiri dari kira-kira 10.000 sampai dengan 20.000 huruf/angka. Ukuran mesin tersebut dipergunakan sebagai patokan bahwa mesin itu termasuk generasi pertama, sedangkan tanggalnya diketemukan tidak begitu penting.

Pada tahun 1956, IBM menempati urutan tertinggi dalam pemasaran yang pada saat itu telah dapat menjual mesin IBM 650 dan IBM 700. saingan-saingan lain termasuk Monroe, NCR, Burroughs, RCA, Underwood dan tentunya juga Univac. (perlu dicatat disini tidak lagi dibicarakan tentang upaya perorangan melainkan usaha-usaha perusahaan. Komputer modern terdiri dari suatu sistem kelistrikan yang kompleks dengan alat-alat mekanik, yang jauh di atas kemampuan perorangan).

Generasi Kedua : 1960 hingga 1965
Pada tahun 1960, generasi komputer pertama secara nyata telah tiada. Transistor adalah lebih kecil, lebih cepat, dan lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan tabung listrik. Hasilnya, komputer generasi kedua yang mempergunakan transistor tidak lagi memakai tabung listrik sehingga secara phisik menjadi lebih kecil, lebih cepat (satu juta berbanding seribu instruksi satu detik) dan lebih dapat diandalkan dibandingkan komputer generasi pertama. Beberapa jenis komputer, seperti Honeywell 800, Burroughs B5500, IBM 1400, IBM 7090, Control Data Corporation 1604, dan Univac 1107 merupakan mesin-mesin yang penjualannya tinggi, dengan peningkatan tingkat kemampuannya melalui lempengan-lempengan listrik mengakibatkan mesin-mesin tersebut menarik di dalam pasaran.

Generasi kedua juga menunjukkan kemajuan tehnik yang lebih cepat, dengan konsep dasar operating system, time sharing, dan bahasa yang dapat lebih dekat dengan pemakai menjadi kenyataan. Berita besar tentang komputer generasi kedua adalah cepatnya berkembang penggunaan mesin tersebut. Sebagai contoh diperiode tahun 50-an jumlah komputer didunia dapat dihitung dengan jari tangan, sedangkan tahun 1965 nilai mesin komputer yang terpasang telah naik hingga sekitar tiga atau empat milyar dollar.

Generasi Ketiga : 1965 hingga Sekarang
Bidang kelistrikan tidaklah berhenti selama periode generasi kedua, pengembangan utama adalah pada pencetakan dan integrated circuit. Sebagai hasil pengembangan ini, alat-alat listrik malahan semakin terpadu, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih murah. IBM System/360 and system/370, mesin-mesin utama pada periode ini adalah mempergunakan integrated circuit, sebagai mana halnya yang diproduksi oleh Control Data Corporation, Burrough, Sperry Rand (UNIVAC), Honey well, NCR, dan lain-lainnya. Pada sekitar tahun 70-an, nilai mesin komputer yang terpasang meningkat hingga 24 milyard dollar.

Peningkatan masalah tehnologi membawa kita pada kenyataan bahwa kita dapat menempatkan satu atau semua komponen listrik komputer pada sebuah lempengan integrated circuit tidak lebih besar dari kuku jari tangan. Satu lempengan bisa terdiri dari processor, lempengan lain sebagai memory, dan ketiga dibutuhkan untuk peralatan input dan outputnya. Ketiganya digabungkan akan menghasilkan satu unit komputer kecil atau micro komputer.

Sejak pembuatan pada tahun 70-an penggunaan peralatan ini meningkat dengan sangat luar biasa. Masalahnya adalah biaya. adalah lumrah pada masa sekarang membeli sebuah unit komputer lengkap, dengan harga kurang dari seribu dollar, yang kemampuannya lebih besar dari Univac I. sedang Univac I dijual dengan harga satu juta dollar.

Mini Computer, sebagaimana dilambangkan namanya, tidaklah sebesar komputer biasa tidak juga sekecil micro komputer. Tetapi mini komputer adalah komputer yang lebih maju, termasuk biaya dan kemampuannya.

Komputer-komputer kecil secara cepat menjadi alat-alat rumah tangga mutakhir dan dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, selain itu ada beberapa komputer yang didesain menjadi alat hitung, waktu, dn sebagainya yang digunakan hingga saat ini. kita tidak tau kedepannya bagaimana, apakah perkembangan teknologi akan semakin maju atau malah sebaliknya.

Sumber: Sistem pengolahan Informasi, william s. davis,1986.

Demikianlah pemaparan tentang Sejarah perkembangan komputer, semoga bermanfaat.