Cara Bertahan, bertarung GYM Pokemon Go

Hai kawan-kawan, kali ini kita akan membahas tentang cara, aturan pertarungan Gym Pokemon Go. Bersama ahlicara langsung saja kita bahas.

Gym merupakan pusat pertarungan pokemon. Di Gym kalian dapat mengetahui seberapa kuat pokemon kalian. Pada dasarnya Gym merupakan wilayah kekuasaan yang diperebutkan, jika pokemon kalian kuat maka akan lebih mudah untuk merebut gym lawan.

Bagaimana cara menemukan Gym Pokemon Go?

Untuk dapat Bermain Pokemon Go, Smartphone harus di lengkapi GPS. Silahkan baca Spesifikasi Smartphone yang harus dipenuhi agar dapat bermain Pokemon Go. GPS dalam Game Pokemon Go bertujuan agar dapat mengetahui lokasi kalian. Selain itu, GPS sendiri berfungsi untuk menghitung seberapa jauh jarak pokemon, pokestops, dan gym dari lokasi kalian berdiri. Dalam beberapa kasus, GPS berfungsi sebagai penghitung langkah untuk menetaskan telur pokemon.

Pada layar utama, Kalian dapat melihat berbagai Gym. Gym merupakan Icon terbesar pada peta. Icon tersebut berbentuk menara tinggi dan jika Gym tersebut telah dimiliki team lain yaitu dengan warna team biru, merah atau kuning terdapat pokemon di atas menara tersebut dan bangunan akan berwarna sesuai team yang menguasainya, jika Gym tersebut belum di miliki oleh team mana pun maka icon tersebut akan berwarna ungu atau biasa d sebut dengan Unoccupied Gym. Gym tersebar diberbagai penjuru daerah, tempat Gym biasanya berada pada tempat keramaian atau tempat yang sering di kunjungi oleh orang banyak misalnya mesjid, gereja, kantor, dan lain sebagainya.

Gym yang telah dimiliki memiliki tingkatan (level), yang menyatakan berapa banyak poin pada gym tersebut. Semakin tinggi tingkatan atau level gym maka semakin bagus juga hadiah yang dapat di dapatkan dari gym. Sangat sulit menemukan Gym yang belum dikuasai oleh pemain lain dan jika kalian menemukan gym (berwana ungu) maka itu merupakan kesempatan langkah untuk menguasai gym tersebut. Berikut XP points yang dibutuhkan untuk menaikkan level gym, antara lain :
  • Gym Level 1 ke 2 = 2,000 XP points.
  • Gym Level 2 ke 3 = 4,000 XP points.
  • Gym Level 3 ke 4 = 8,000 XP points.
  • Gym Level 4 ke 5 = 12,000 XP points.
  • Gym Level 5 ke 6 = 16,000 XP points.
  • Gym Level 6 ke 7 = 20,000 XP points.
  • Gym Level 7 ke 8 = 30,000 XP points.
  • Gym Level 8 ke 9 = 40,000 XP points.
  • Gym Level 9 ke 10 = 50,000 XP points

Bagaimana cara masuk gym Pokemon Go?

Setelah menemukan lokasi Gym atau berada di persekitarannya. Kalian dapat berinteraksi dengan Gym tersebut. Ingat, karakter kalian harus berada pada level 5 atau lebih untuk bisa mengakses atau berinteraksi dengan Gym. Silahkan baca terlebih dahulu Cara cepat menaikkan Level karakter sebelum memasuki gym.

Ketika berinteraksi dengan Gym yaitu dengan menekan (klik) gym pada layar, kemudian akan ditampilkan beberapa detail mendalam tentang gym itu. Kalian akan melihat detail mengenai lawan kalain, mulai dari yang paling lemah sampai yang paling kuat. Lingkaran terbuka di samping mahkota di pojok kiri atas menunjukkan slot kosong di mana Pokemon lain bisa ditambahkan.

Jika gym yang kalian telah kuasai atau milik sekutu (teman kalian), Kalian akan melihat icon kecil sarung tangan di pojok kanan bawah yang menunjukkan pelatihan mode. Jika kalian berada di gym saingan (lawan), kalian akan melihat icon di kanan bawah dengan dua Pokeballs bentrok, icon tersebut bertujuan untuk menantang lawan (saingan) untuk merebut Gym mereka.

Kalian juga dapat melihat bar kecil di samping gambar gym disertai dengan satu set angka yang menunjukkan prestige points gym. Untuk dapat mengklaim Gym milik musuh, kalian harus mengalahkan Pokemon bertahan yang ada di dalamnya hingga Prestige points dari Gym tersebut menjadi nol. Saat Prestige points musuh telah berada pada titik nol, Gym tersebut akan berubah menjadi netral (Unoccupied Gym). Saat itu terjadi maka Gym tersebut dapat di kuasai (diambil alih) oleh siapa saja termasuk player yang mengalahkannya.

Menyerang Sebuah Rival Gym (Gym musuh)

Jika ingin memiliki gym, kalian harus mendapatkan Gym yang dalam keadaan netral atau tidak dimiliki oleh siapa pun (Unoccupied Gym). Jika tidak maka kalian harus menantang gym yang telah dimiliki oleh player lain. Carilah gym yang mungkin kalian kalahkan (prestise terendah), jika prestisenya tinggi maka akan sulit untuk mengalahkannya.

Kalian harus berada dalam jangkauan gym musuh untuk menantangnya. Cukup tekan tombol tantangan dan memilih team Pokemon sebanyak 6 untuk melawan gym tersebut. Kalian akan melawan setiap Pokemon dalam daftar gym satu per satu. Perhatikan pokemon apa saja yang kalian gunakan, usahakan untuk menggunakan pokemon yang dapat melawan pokemon musuh (counter dari pokemon). Semua pokemon memiliki counter (lawan) masing-masing, misalkan pokemon api lawan dari pokemon air, pokemon tanaman lawan dari pokemon api dan seterusnya.

Mempertahankan Gym sendiri

Gym yang sesuai denga warna team kalian merupakan milik dari team kalian, jika berbeda maka itu adalah gym milik musuh atau gym netral. Untuk dapat mempertahankan Gym team kalian, kalian harus menepatkan atau meninggalkan salah satu pokemon kalian di gym tersebut. Tujuannya adalah untuk mempertahankan Gym tersebut sebaiknya memasang pokemon kuat, jika kalian sangat menyukai lokasi gym yang kalian miliki sekarang.

Selain itu, kalian juga dapat melakukan Training pada gym yang kalian miliki, yaitu dengan memilih pokemon yang terkuat untuk melawan pokemon bertahan yang ada di dalam gym kalian. Tujuan dari training ini adalah untuk mendapatkan XP dan menambah Prestige points Gym kalian. Jika berhasil mengalahkan pokemon bertahan hingga HP (Hit points) menjadi nol, maka kalian akan mendapatkan XP dan gym kalian akan mendapatkan Prestige ponts. Semakin sering melakukan Training maka semakin cepat pula Gym kalian akan nail Level. Semakin tinggi gym maka akan semakin sulit dilawan oleh musuh (sulit direbut)

Jika kalian ingin melakukan training di Gym yang baru saja kalian miliki yang sebelumnya belum di miliki oleh team lain atau team kalian (gym netral), sebaiknya pasang Pokemon lemah untuk bertahan dan menggunakan pokemon yang paling kuat untuk melakukan training. Tujuannya adalah agar kalian dapat mengalahkannya dan mendapatkan Prestige points dengan sangat mudah.

Bagaimana jika kalah melawan pokemon musuh?

Dimana ada kemenangan pasti disitu pula akan ada kekalahan. Jika kalian kalah dalam menantang gym musuh maka HP (Hit Points) pokemon kalian akan turun menyisahkan 1 HP tetapi tidak akan mati.  Jangan kawatir, jika HP tersebut dapat dipulihkan dengan cara menggunakan item Revive dan berikan potion.

Team mana yang harus saya pilih di Pokemon Go?
Kalian dapat memilih antara team merah (Valor), biru (Mystic) dan kuning (Instinct). Setiap team memiliki Pokemon burung legendaris untuk maskot. Team merah diwakili oleh pokemon legendaris Moltres, team biru diwakili oleh pokemon legendaris Articuno, dan team kuning diwakili oleh pokemon legendaris Zapdos.

Sebenarnya, team mana pun yang kalian pilih merupakan team yang baik, tergantung seberapa banyak dan kuatnya sekutu kalian. Sekutu atau teman sangat dibutuhkan untuk membantu team kalian agar tetap bertahan.

Memperkuat Pokemon

Tidak ada gunanya bertarung di gym jika kalian tidak memiliki beberapa Pokemon yang kuat. Tidak hanya satu pokemon, kalian membutuhkan beberapa pokemon kuat agar dapat menyerang dan mempertahankan gym team kalian jika kalian ingin memperbanyak lokasi gym kalian. Silahkan baca Cara evolusi, meningkatkan level Pokemon agar pokemon kalian semakin kuat.

Salah satu jenis Pokemon terkuat yang dapat ditemukan di berbagai daerah adalah pokemon listrik. Mengapa? Coba kalian perhatikan pokemon Golbats dan Pidgeots di setiap gym, dua Pokemon ini merupakan pokemon yang paling mudah untuk sampai ke tingkat tertinggi. Kedua Pokemon ini juga merupakan jenis pokemon terbang yang memiliki kelemahan listrik. Pokemon lain yang mempunyai kelemahan terhadap listrik adalah jenis pokemon air. Pokemon listrik adalah salah satu jenis terkuat untuk pertempuran sampai sekarang ini.

Demikianlah beberapa penjelasan seputar gym pokemon go. Semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti terus perkembangan Pokemon Go di Ahlicara. Jika kalian ingin menanyakan sesuatu, silahkan tinggalkan komentar di papan komentar yang telah kami sediakan.

GYM Pokemon Go
GYM Pokemon Go

No comments:

Post a Comment