Cara Menghitung Bilangan Pecahan Campuran serta Contoh

Menghitung Bilangan Pecahan Campuran - Di pelajaran matematika, anda pasti sudah menemukan bilangan pecahan. Bilangan pecahan telah kita jumpai di bangku sekolah dasar (SD) dan merupakan pelajaran yang sangat dasar pada matematika. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas tentang cara menghitung bilangan pecahan campuran serta contoh soal di antaranya: cara menambah bilangan pecahan campuran, cara mengurangi bilangan pecahan campuran, cara membagi pecahan campuran, cara mengalikan pecahan campuran, dan lain-lain. Semoga setelah anda membaca postingan kami ini, anda makin paham mengenai cara menghitung pecahan biasa.

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan merupakan bilangan yang terdiri atas pembilang dan penyebut. Pembilang adalah bilangan yang terdapat di atas penyebut atau merupakan bilangan yang akan di bagi oleh penyebut. Penyebut adalah bilangan yang terdapat di bawah pembilang atau merupakan bilangan yang akan membagi penyebut. Secara sederhana bisa di katakan sebagai berikut:
  • Pembilang = bilangan yang di bagi
  • Penyebut = bilangan yang membagi
Perhatikan :
 2 
 3
keterangan:
2 merupakan pembilang
3 merupakan penyebut

Jika pada pecahan campuran, terdiri atas bilangan bulat dan pecahan biasa. Perhatikan bentuk pecahan campuran berikut ini:



Keterangan:
3 merupakan bilangan biasa
1/2 merupakan pecahan biasa

Menghitung Bilangan Pecahan Campuran

Berbeda dengan pecahan biasa, pada pecahan campuran sebelum melakukan operasi penghitungan terlebih dahuli ubah pecahan campuran ke pecahan biasa.


Selanjutnya melakukan operasi hitung sesuai dengan perhitungan pecahan biasa, Setelah itu ubah kembali pecahan biasa ke pecahan campuran jika diperlukan atau untuk menyederhanakannya.


1. Cara menambahkan Bilangan Pecahan Campuran

Menambahkan bilangan pecahan campuran merupakan peroses perhitungan dengan operator tambah. Untuk dapat menjumlahkan bilangan pecahan campuran, terlebih dahulu anda harus mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa setelah itu lakukan proses penambahan seperti halnya penambahan bilangan pecahan biasa. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kasus berikut ini:
Misalkan pada soal berikut:





Pertama, ubah masing-masing pecahan campuran tersebut ke pecahan biasa secara terpisah:







Setelah masing-masing pecahan campuran di ubah ke dalam pecahan biasa, lakukan proses penambahan sesuai dengan penambahan pecahan biasa.





Jadi, hasil yang di dapatkan,





Jika penyebutnya sama, maka langsung saja di tambahkan pembilangnya. Jika tidak, maka samakan dulu penyebutnya kemudian tambahkan pembilangnya jika sudah sama.

2. Cara Mengurangkan Bilangan Pecahan Campuran

Sama halnya dengan proses penambahan, yang berbeda adalah operator yang di gunakan adalah kurang. Sebelum melakukan pengurangan, ubah terlebih dahulu pecahan campuran ke pecahan biasa kemudian kurangkan pecahan sesuai dengan cara sebelumnya (cara mengurangkan pecahan biasa). Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:
Misalkan pecahan campuran yang akan dikurangkan sebagai berikut:





Ubah masing-masing pecahan campuran tersebut ke dalam pecahan biasa secara terpisah,








Setelah itu, lakukan proses pengurangan (jika penyebutnya sama maka pembilang langsung di kurangkan, jika tidak samakan terlebih dahulu penyebutnya),





Jadi, hasil yang di dapatkan,





3. Cara Mengalikan Bilangan Pecahan Campuran

Untuk mengalikan, yang pertama di lakukan adalah ubah terlebih dahulu pecahan campuran ke dalam pecahan biasa. Kemudian lakukan proses perkalian sesuai dengan cara mengalikan pecahan biasa (pembilang di kalikan dengan pembilan dan penyebut dikalikan dengan penyebut). Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini:
Misalkan contoh soalnya sebagai berikut:





Ubah terlebih dahulu pecahan campuran tersebut ke dalam pecahan biasa secara terpisah,







Kemudian, kalikan pecahan yang telah di ubah tadi dan kemudian sederhanakan jika di butuhkan.





Jadi, hasil yang di dapatkan adalah





4. Cara Membagi Bilangan Pecahan Campuran

Untuk dapat melakukan pembagian pada pecahan campuran, pertama-tama anda harus mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, kemudian lakukan operasi pembagian ke pecahan yang telah diubah tadi dengan membalikkan pecahan sebagai pembagi (pembilang menjadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang). Kemudian, lakukan pengalian seperti hal yang telah dilakukan di atas. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini:
Misalkan pecahan campuran yang akan dibagi:





Pertama, ubah pecahan campuran ke pecahan biasa secara terpisah.







Kemudian lakukan pembagian dengan membalikkan pembaginya (pembilang jadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang). Setelah itu lakukan pengalian seperti pengalian sebelumnya.

 Jadi, didapatkan hasil.

Kesimpulan:

  1. Bilangan pecahan didefinisikan sebagai bilangan a/b. Dimana a merupakan bilangan bulat dan b merupakan bilangan buat (b tidak boleh sama dengan 0).
  2. Bilangan pecahan campuran terdiri atas bilangan bulat dan pecahan biasa.
  3. Cara menghitung bilangan pecahan campuran yaitu dengan 4 metode diantaranya penambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian.
  4. Perhitungan pecahan campuran hampir sama dengan perhitungan pecahan biasa, tetapi pada pecahan campuran terlebih dahulu diubah menjadi pecahan biasa.
Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Cara Menghitung Bilangan Pecahan Campuran serta Contoh. Jika anda memiliki pertanyaan seputar materi di atas, silahkan tinggalkan pertanyan anda di papan komentar yang ada di bawah. Kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Matematika SD

1 comment: