Cara mendapatkan, Daftar item Pokemon Go

Hai kawan-kawan, kali ini AHLI CARA akan menjelaskan tentang beberapa daftar item yang kalian bisa dapatkan dengan cara mencari atau pun membelinya di toko dengan menggunaka coins.

Ada 3 cara untuk mendapatkan item, yaitu dengan cara menemukannya di pokestops, pada saat naik level (level up) dan dengan cara membelinya di toko (shop). Ada beberapa item yang tidak bisa di beli di toko (shop) dan hanya didapatkan melalui kenaikan level (level up) karakter atau dengan mencarinya di pokestops. Untuk item yang di dapatkan melalui toko (shop), kalian di wajibkan untuk membelinya dengan beberapa coins. Baca juga tentang Bagaimana cara mudah mendapatkan Coins Pokemon Go untuk mempermudah dalam mendapatkan coins dan membeli item yang ada di toko (shop).

Setiap kali karakter kalian naik level, kalian akan diberikan beberapa item (sebagai hadiah). Setiap level akan mendapatkan item yang berbeda-beda (tergantung pada level berapa kalian berada) dan item yang diberikan akan semakin bagus. Bagaimana cara agar lebih mudah dalam menaikkan level? Silahkan baca Cara mudah menaikkan Level karakter Pokemon Go.

Jika kalian terlambat atau sama sekali tidak menaikkan level, maka kalian akan lemah dalam pertarungan di gym. Untuk dapat memasuki Gym, salah satu syaratnya adalah dengan berada pada level 5 atau lebih. Baca juga tentang Bagaimana Cara bertarung, bertahan GYM Pokemon Go. Setelah mengetahui beberapa nama item dan cara mendapatkannya, berikut adalah fungsi-fungsi item-item yang ada di pokemon go.

Nama Item dan Fungsinya masing-masing

Poke ball
Pokeball merupakan alat dasar untuk menangkap pokemon. Dengan poke ball, kalian bisa menangkap berbagai pokemon. Bagaimana jika tidak menangkap pokemon? Jika kalian tidak memangkap pokemon, kalian tidak akan naik level dan jika tidak naik level maka kalian tidak akan berkembang.
Great ball
Tingkatan selanjutnya dari pokeball adalah Great ball. Sama halnya dengan pokeball, Great ball juga digunakan untuk menangkap pokemon. Lalu apa perbedaannya? Great memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi dari pada Pokeball. Semakin tinggi tingkat keberhasilan maka semakin rendah pula pokemon akan lepas ketika dalam proses penangkapan. Untuk dapat menangkap pokemon langkah, kalian bisa menggunakan Great ball. 
Hyper Ball
Hyper ball merupakan tingkatan ketiga dari alat penangkap pokemon. Tingkat keberhasilannya pun lebih tinggi dari pada pokeball dan great ball yaitu sekitar 80% keberhasilan. Hyper ball diperuntukan hanya khusus pada pokemon-pokemon langkah, mengapa? karena Hyper ball sendiri amat sulit untuk mendapatkannya.
Ultra Ball
Ultra ball merupakan alat penangkap pokemon yang amat ampuh. Bukan hanya tingkat keberhasilannya yang tinggi tetapi Ultra ball dapat menjamin akan tertangkapnya pokemon (100% berhasil). Ultra ball digunakan untuk pokemon legendaris. Jika kalian mendapatkan Ultra ball sebaiknya jangan digunakan untuk pokemon biasa-biasa saja.
Potion
Potion digunakan untuk menyembuhkan atau mengembalikan HP Pokemon. Potion akan mengembalikan HP sebesar 20 HP/potion. Potion bisa di temukan di pokestops, di beli di toko (shop), dan bisa di dapatkan sebagai hadiah pada saat naik level (pada saat berada pada level 5).
Super Potion
Sama halnya dengan potion, Super potion juga digunakan untuk menyembuhkan dan mengembalikan HP pokemon. Super potion akan mengembalikan HP sebesar 50 HP/Super potion. Super potion bisa di dapatkan ketika karakter naik level 10 (leveling up) , dan bisa di temukan di pokestops (harus berada pada level 10 atau lebih)
Hyper Potion
Hyper potion digunakan untuk menyembuhkan dan mengembalikan HP pokemon sebesar 200 HP/Hyper potion. Hyper potion bisa di dapatkan ketikan naik level 15 (leveling up), dan bisa ditemukan di pokestops (harus berada pada level 15 atau lebih). Sebaiknya Hyper potion di gunakan untuk pokemon yang berada pada level tinggi (sudah berevolusi dan mempunyai CP yang tinggi pula) atau pokemon yang memiliki HP di atas 200 HP. Baca juga Cara evolusi, meningkatkan CP (Combat Power) Pokemon Go.
Max Potion
Sama halnya dengan Potion-potion sebelumnya, Max Potion akan mengembalikan HP pokemon secara penuh (full). Sangat baik digunakan ketika memiliki pokemon yang memiliki HP yang tinggi. Max potion bisa di dapatkan ketika naik level 25, dan bisa ditemukan di pokestops (harus berada pada level 25 atau lebih untuk mendapatkannya)
Revive
Revive digunakan untuk membangunkan pokemon yang telah pingsan akibat pertarungan. Ketika menggunakan Revive, pokemon yang pingsan akan bangun kembali dan mengembalikan HP setengah dari HP keseluruhan (50% HP).
Max Revive
Sama halnya denga revive, Max revive juga berfungsi untuk membangunkan Pokemon yang pingsan tetapi Max revive akan mengembalikan HP pokemon secara penuh (full). 
Egg Pokemon
Egg (telur pokemon) merupakan telur yang jika ditetaskan akan memunculkan pokemon. Jika ingin menetaskannya, gunakan Egg Incubator dan kalian harus berjalan beberapa Km untuk menetaskannya. Telur pokemon bisa di dapatkan di Pokestops.
Lucky Egg
Berbeda dengan Egg pokemon, Lucky Egg tidak memunculkan pokemon melainkan akan memberikan barang (item) secara acak. Lucky Egg bisa di dapatkan dengan cara membelinya di toko (shop).
Bag (tas)
Bag (tas) merupakan tempat menyimpan semua item non-Pokemon, seperti Poke Balls dan sejenisnya. Bag (tas) dapat menyimpan hingga 350 item. Bag (tas) dapat di Upgrade (menambah kapasitas) dengan cara membelinya di toko (shop). Setiap meningkatkan Bag (tas) akan menambah kapasitas sebesar 50 di setiap Upgrade (penambahan kapasitas).
Egg Incubator
Egg Inkubator digunakan untuk menetaskan telur pokemon dan berjalan sampai egg pokemon siap untuk menetas. Egg Incubator dapat dibeli di toko (shop).
Incense
Incense merupakan Item aromatik yang memikat Pokemon ke lokasi kalian selama 30 menit. Incense dapat dibeli di toko (shop), ditemukan di PokeStops, dan dapat didapatkan ketika naik level (leveling up) menerima sebagai hadiah. Gunakan Incense pada saat mencari pokemon.
Lure Module
Berbeda dengan incense, Lure Module digunakan sebagai umpan pada pokemon liar yang ada di sekitar. Letakkan Lure di pokestops, lure akan bertahan selama 30 menit. Lure Module yang di letakkan di pokestops akan memancing pokemon liar untuk mendekat di daerah persekitaran Pokestops dan pokemon tersebut bisa di tangkap oleh siapa saja. Lure module yang telah di letakkan di pokestops akan muncul di peta (berwarna merah midah).
Pokemon Storage
Penyimpanan Pokemon (pokemon storage) merupakan tempat menyimpan semua Pokemon dan telur Pokemon. Pokemon Storage dapat menyimpan hingga 250 Pokemon yang berbeda dan 9 telur Pokemon. Pokemon Storage dapat di Upgrade (menambah kapasitas) dengan cara membelinya di toko (shop). Setiap meningkatkan Pokemon Storage akan menambah kapasitas sebesar 50 di setiap Upgrade (penambahan kapasitas).
Razz Berry
Jika kalian memberi makan Pokemon liar dengan sebuah Razz Berry, itu akan mudahkan untuk menangkapnya. Pokemon liar akan menjadi lemah ketika memakan Razz Berry, dan akan memudahkan dalam penangkapan. Razz Berry bisa di dapatkan ketika naik level 8 (leveling up) dan bisa di dapatkan di PokeStops (harus berada pada level 8 atau lebih).

Berikut adalah daftar-daftar item dan bagaimana cara mendapatkannya:

Daftar Item dan Cara mendapatkannya


Nama Item
Cara Mendapatkan item
Keterangan
Poke ball
Toko (shop), pokestops, naik Level (leveling up)
100 coins/20 bola (ball)
Great ball
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 12
Hyper Ball
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 15
Ultra Ball
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 20
Potion
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 5
Super Potion
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 10
Hyper Potion
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 15
Max Potion
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 25
Revive
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 5
Max Revive
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 30
Egg
Pokestops
N/A
Lucky Egg
Toko (shop), naik level (leveling up)
80 coins/1 Lucky Egg
Bag Upgrade
Toko (shop)
200 coins
Candy
Menangkap pokemon, mentransfer pokemon
N/A
Egg Incubator
Toko (shop), naik level (leveling up)
150 coins
Incense
Toko (shop), naik level (leveling up)
80 coins/1 Incense
Lure Module
Toko (shop), naik level (leveling up)
100 coins/1 Lure Module
Pokemon Storage Upgrade (Menambah kapasitas penyimpanan)
Toko (shop)
200 coins/Upgrade
Razz Berry
Pokestops, naik level (leveling up)
Di dapatkan pada saat level 8
Stardust
Menangkap pokemon, defending gyms (Hadiah dari Gyms)(leveling up)
N/A
Pokecoins (coins)
Toko (shop)
$0.99/100 Pokecoins (Coins)

Demikianlah beberapa pemaparan daftar item dan bagaimana cara mendapatkannya. Jangan lupa untuk mengikuti perkembangan Pokemon Go di AHLI CARA. Jika ada pertanyaan seputar Pokemon Go, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Daftar Item Pokemon Go
Daftar Item Pokemon Go